Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PRINSIP JURNALISTIK BENCANA DI MEDIA ONLINE ANTARANEWS.COM (STUDI KASUS BERITA BENCANA LETUSAN SEMERU 2021)

Putri Yulia Maharani, Putri (2023) IMPLEMENTASI PRINSIP JURNALISTIK BENCANA DI MEDIA ONLINE ANTARANEWS.COM (STUDI KASUS BERITA BENCANA LETUSAN SEMERU 2021). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)

Abstract

Semeru adalah salah satu gunung merapi yang masih aktif sampai sekarang. Semeru juga memiliki catatat sejarah erupsi yang cukup panjang. Pada 4 Desember 2021, semeru kembali meletus dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi 5160 detik. Peristiwa tersebut menarik banyak perhatian sehingga pada saat itu menjadi hotnews segala media pemberitaan. Per 21 Desember, tercatat korban jiwa yang meninggal mencapai 51 jiwa dengan jumlah pengungsi berjumlah 10.077 jiwa yang tersebar di 410 titik pengungsian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi Jurnalistik bencana yang diterapkan oleh Antaranews.com pada pemberitaan bencana Letusan gunung semeru pada kurun waktu 4-13 Desember 2021. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif Kualitatif dengan Teknik analisis Framing Model robert Entman. Secara hafiah Antaranews.com sudah menerapkan jurnalistik bencana walaupun jika ditelisik kembali, Antaranews.com sangat menonjolkan prinsip Akurasi dibanding Prinsip lainnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jurnalisme Bencana, Bencana Letusan Gunung Semeru
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:06
Last Modified: 25 Jul 2023 04:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74417

Actions (login required)

View Item View Item