Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP FAKTOR-FAKTOR PENYIMPANAN DANA MASJID DI BANK KONVENSIONAL DI KECAMATAN KAMPAR UTARA, KABUPATEN KAMPAR, PROPINSI RIAU

Maya Eldania, Maya (2023) TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP FAKTOR-FAKTOR PENYIMPANAN DANA MASJID DI BANK KONVENSIONAL DI KECAMATAN KAMPAR UTARA, KABUPATEN KAMPAR, PROPINSI RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)

Abstract

Bank Syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah dan hukum Islam. Prinsip syariah Islam tersebut meliputi beberapa hal, yakni prinsip keadilan dan keseimbangan (‘adl wa tawazun), universalisme (alamiyah), serta kemaslahatan (mashlahah). Seharusnya umat Islam meletakkan dana di Perbankan Syariah, karena zaman sekarang sudah banyak Perbankan Syariah. Berbeda halnya dengan zaman dahulu yang belum banyak Bank Syariah. Namun pada kenyataannya di daerah Kampar Utara masih ada masyarakat yang belum mengenal produk dan jasa Perbankan Syariah, yang mana menggunakan Bank Konvensional untuk kebutuhan transaksi mereka. Apalagi Masjid yang mana uang yang digunakan dan dimanfaatkan untuk di jalan Allah. Adapum rumusan masalahnya yaitu apa saja faktor-faktor penyimpanan dana Masjid di Bank Konvensional dan bagaimana tinjauan fiqh muamalah terhadap faktor-faktor penyimpanan dana Masjid di Bank Konvensional. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa saja faktor-faktor penyimpanan dana Masjid di Bank Konvensional dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan fiqh muamalah terhadap faktor-faktor penyimpanan dana Masjid di Bank Konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research). Subjek dalam penelitian ini adalah pengurus Masjid Kecamatan Kampar Utara yang terdiri dari ketua dan bendahara. Sedangkan objeknya yaitu faktor-faktor penyimpanan dana Masjid di Bank Konvensional. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu 22 Masjid, dan sampelnya ada 5 masjid yang meletakkan dana masjid di Perbankan Konvensional. Penelitian ini menggunakan informan penelitian yang terdiri dari 5 masjid dan 5 orang. Sumber data yang dipakai yaitu data primer, data sekunder dan data tersier. Metode pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif serta teknik penulisan menggunakan metode deskriptif, induktif dan deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk faktor-faktor pemilihan Bank Konvensional yaitu karena Bank Konvensional itu lebih mudah mereka jumpai dan lebih mudah bertransaksi. Berdasarkan tinjauan fiqh muamalah adalah menabung di Bank Konvensional adalah riba, dan di dalam Bank Konvensional terdapat bunga. Allah telah melarang umatnya bertransaksi yang mengandung unsur riba. Namun dalam keadaan darurat atau hajat itu memperbolehkan hal-hal yang dilarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Muamalah, Masjid, Bank
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:13
Last Modified: 24 Jul 2023 02:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74416

Actions (login required)

View Item View Item