Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH BUDAYA DAN SOSIAL MASYARAKAT TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) PERMATA INDONESIA

ISKANDAR SYAHPUTRA, - (2023) PENGARUH BUDAYA DAN SOSIAL MASYARAKAT TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) PERMATA INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
kecuali bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya suatu hal yang menarik di BMT Permata Indonesia BMT adalah Lembaga keuangan yang sangat diminati di pedesaan dan menjadi primadona sedangkan untuk dipekotaan dengan banyaknya perbankan khususnya juga perbankan syariah yg hadir membuat BMT seharusnya tidak diminati karena ada Lembaga keuangan yg lebih besar modern dan medominasi tetapi banyak para nasabah BMT tetap bertahan di BMT Permata Indonesia maka dalam kesempatan ini, peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut mengenai pengaruh minat nasabah terhadap keputusan Menabung di BMT Permata Indonesia penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yang telah di rumuskan yaitu: untuk mengetahui pengaruhi budaya dan sosial terhadap keputusan menabungan di BMT Permata Indonesia. Untuk mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi keputusan nasabah menabung di BMT Permata Indonesia Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian asosiatif. Penelitian Asosiatif ialah penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih., dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi langsung ke anggota BMT Permata Indonesia sehingga memperoleh data yang jelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh budaya dan sosial, diperoleh t hitung sebesar 2,267 dengan sig 0,029 lebih besar dari 0,05 (0,765 > 0,05) dan memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,029. Hipotesis pertama dalam dalam penelitian ini yaitu budaya dan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung pada BMT Permata Indonesia. Dan pengaruh yang paling dominan mempengaruhi keputusan nasabah menabung adalah pada indikator kebiasaan distribusi jawaban nasabah menunjukan sebesar 51,16% dengan pernyataan sudah terbiasa menabung di BMT Permata Indonesia untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang, dan dari hasil di atas maka hipotesis kedua dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 23 Jul 2023 06:28
Last Modified: 23 Jul 2023 06:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74410

Actions (login required)

View Item View Item