Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM TRADISI MEMBELE KAMPUNG DI DESA KAYU ARA KECAMATAN RANGSANG PESISIR KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

M.HIDAYATULLAH, - (2023) PERAN KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM TRADISI MEMBELE KAMPUNG DI DESA KAYU ARA KECAMATAN RANGSANG PESISIR KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI M.HIDAYATULLAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : M.Hidayatullah Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Peran Komunikasi Kelompok Dalam Tradisi Membele Kampung Di Desa Kayu AraKecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti. Tradisi membele Kampung ini merupakan suatu tradisi yang di miliki oleh masyarakat melayu Desa Kayu Ara. Dan pelaksanaan tradisi membele kampung ini dilakukan satu kali setiap tahun, di yakini tujuan dari pelaksanaan tradisi membele kampung adalah untuk memelihara kampung, memohon doa agar diberi keselamatan, terhindar dari bencana yang menimpa kampung, menolak bala, dan wabah penyakit . Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa pelaksanaan dan pelestarian kebudayaan itu penting, maka perlu diberikan informasi serta sosialisasi kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran komunikasi kelompok dalam tradisi membele kampung di desa kayu ara kecamatan rang sang pesisir kabupaten kepulauan meranti Peneliti melakukan penelitian di desa kayu ara, dengan metode kualitatif. Informan penelitian ini sebanyak lima orang. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa peran komunikasi kelompok dalam tradisi membele kampung ini terlihat dari keikut sertaan masyarakat dalam pelaksanaan tradisi membele kampung, serta juga terlihat dari adanya pelestarin terhadap tradisi tersebut. Adapun bentuk peran komunikasi kelompok yang dilakukan oleh tokoh adat dan tokoh masyarakat ini adalah dengan cara memberikan informasi, secara langsung dengan masyarakat (face to face), memberi nasehat, melibatkan masyarakat dalam tradisi membele kampung, serta memberikan fasilitas untuk pelaksanaan tradisi membele kampung. Kata Kunci :Komunikasi Kelompok, Tradisi, Budaya Melayu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 23 Jul 2023 05:41
Last Modified: 23 Jul 2023 05:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74391

Actions (login required)

View Item View Item