Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN E-MODUL IPA INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN ETNOSAINS PADA MATERI SISTEM PENCERNAAAN MANUSIA UNTUK SMP/MTs KELAS VIII

SITI AMANAH, - (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL IPA INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN ETNOSAINS PADA MATERI SISTEM PENCERNAAAN MANUSIA UNTUK SMP/MTs KELAS VIII. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI AMANAH.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Siti Amanah (2023): Pengembangan E-Modul IPA Interaktif Berbasis Discovery Learning Dengan Pendekatan Etnosains Pada Materi Sistem Pencernaan Untuk SMP/MTs Kelas VIII Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya bahan ajar IPA SMP/MTs yang menggunakan pendekatan etnosains serta penggunaan teknologi yang belum maksimal. Sehingga perlu adanya inovasi bahan ajar IPA guna menciptakan suasana pembelajaran yang kontekstual bagi siswa ketika belajar IPA khususnya pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas E-Modul IPA Interaktif Berbasis Discovery Learning Dengan Pendekatan Etnosains Pada Materi Sistem Pencernaan Untuk SMP/MTs Kelas VIII. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode pengembangan (Research & Development) versi Plomp yang yang memiliki 3 tahapan meliputi: a) tahap pendahuluan, b) tahap pembentukan prototipe dan c) tahap penilaian. Instrumen pada penelitian ini berupa pedoman observasi, angket dan wawancara dengan subjek penelitian berupa validator materi, validator media, guru IPA serta subjek uji coba sejumlah 12 siswa kelas VIII MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan skor total sebesar 85% dengan kriteria sangat valid, hasil uji one to one menunjukkan e-modul menarik, huruf jelas, bahasa mudah dimengerti sehingga siswa mudah memahami materi. Selain itu, hasil uji praktikalitas oleh pendidik sebesar 91% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji praktikalitas oleh peserta didik memperoleh skor 87% dan respon siswa sebesar 87 % dengan kriteria sangat efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul IPA interaktif berbasis discovery learning dengan pendekatan etnosains pada materi sistem pencernaan untuk SMP/MTs kelas VIII adalah layak, praktis dan efektif untuk digunakan bagi peserta didik. Kata kunci: media pembelajaran, e-modul, discovery learning, etnosains dan sistem pencernaan manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jul 2023 05:24
Last Modified: 22 Jul 2023 05:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74381

Actions (login required)

View Item View Item