Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM REKOMENDASI PERMINATAN MENENTUKAN JURUSAN DI PERGURUAN TINGGI BERBASIS MINAT MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

M. RIDHO DWI PUTRA, - (2023) SISTEM REKOMENDASI PERMINATAN MENENTUKAN JURUSAN DI PERGURUAN TINGGI BERBASIS MINAT MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Bab 1 ,2 ,3, 5 Lmpiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TA M Ridho Dwi Putra rrepo-51-148.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan adalah suatu kebutuhan sekunder, namun memiliki arti penting yang besar bagi manusia. Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan salah satu tingkatan pendidikan sebelum memasuki perguruan tinggi. Dalam proses melanjutkan studi ke perguruan tinggi, sering terjadi fenomena dimana peserta didik SMA menghadapi tantangan dalam mengambil keputusan yang tepat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibangunlah sistem rekomendasi perminatan menentukan jurusan di perguruan tinggi berbasis minat menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) yag terdiri dari 6 kategori perminatan dan 19 jurusan yang terdapat pada perguruan tinggi. Sistem rekomendasi ini menggunakan bahasa pemograman PHP dan database Mysql, Sistem rekomendasi ini menghasilkan output perminatan yang hasil akhirnya jurusan pada perguruan tinggi. Pengujian sistem rekomendasi ini berjalan dengan baik menurut pengujian black box dan sesuai dengan yang diharapkan, dan berdasarkan hasil dari penelitian serta pengumpulan data-data analisa lalu pengelompokan kategori khusus untuk pengujian sistem pada tugas akhir ini mendapatkan hasil 86% dengan kategori sangat baik. Kata kunci: Simple Additive Weighting (SAW), Sistem Rekomendasi perminatan, Kategori Perminatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 22 Jul 2023 03:49
Last Modified: 22 Jul 2023 03:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74365

Actions (login required)

View Item View Item