Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGGUNAAN AYAT AL-QUR’AN DALAM TRADISI MANDI SAFAR DI DESA BANGLAS BARAT KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

M. Yasin, - (2023) PENGGUNAAN AYAT AL-QUR’AN DALAM TRADISI MANDI SAFAR DI DESA BANGLAS BARAT KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
kecuali bab 4.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembahasan ini dilatar belakangi oleh keingintahuan penulis terhadap mandi safar yang telah dilakukan secara turun-temurun oleh masyarakat Desa Banglas Barat, sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai permasalahan tersebut. Penelitian skripsi ini membahas mengenai penggunaan ayat-ayat Al-Qur’an ketika mandi safar yang menunjukkan pada persepsi sosial masyarakat terhadap Al-Qur’an dalam hal ini masyarakat di Desa Banglas Barat Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti memakai ayat-ayat tertentu di dalam Al-Qur’an yang digunakan ketika mandi safar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pengunaan ayat Al-Qur’an pada proses tradisi mandi safar di Desa Banglas Barat, dan bagaimana pemahaman masyarakatnya. Penulis menggunakan metode penelitian lapangan (field research) yang menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan penedekatan fenomenologi. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti mengelompokkan data yang terkumpul dan di olah melalui tiga tahap yaitu reduksi data, display dan vrifikasi data. Hasil penelitian dalam penulisan ini yaitu 1) Saat prosesi mandi safar, ayat al-qur’an tertentu di tulis yang di beri rajah menggunakan tinta yang mudah terhapus lalu di rendam di sumur atau tempat minum (tempayan) di gunakan untun mandi dan minum. 2) Pemahaman dan keyakinan masyarakat dari penggunaan ayat-ayat tersebut ialah supaya hidup menjadi berkah, keselamatan, diberi kemudahan, sehat jasmani dan rohani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 22 Jul 2023 08:49
Last Modified: 22 Jul 2023 08:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74352

Actions (login required)

View Item View Item