Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEARSIPAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI DI SEKOLAH MENEGAH ATAS NEGERI 1 KUANTAN MUDIK KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

HABIB RAHMATULHAQ, - (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEARSIPAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI DI SEKOLAH MENEGAH ATAS NEGERI 1 KUANTAN MUDIK KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Habib Rahmatulhaq(2023): Implementasi Manajemen Kearsipan Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Administrasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kuantan Mudik Penelitian ini mengkaji tentang Implementasi manajemen kearsipan dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kuantan Mudik. Dilatar belakangi karena adanya implementasi manajemen kearsipan yang dapat meningkatkan kualitas layanan administrasi. Tujuan Penelitian ini yaitu Sebagai sarana untuk mengetahui bagaimana bagaimana tahap dari implentasi manajemen kearsipan dan bagaimana upaya meningkatkan kualitas pelayanan administrasi di sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kuantan Mudik. Jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif secara deskriptif. Secara keseluruhan informan yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari 3 orang. Data penelitian diperoleh dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang di peroleh adalah Implementasi Manajemen Kearsipan di Sekolah menengah atas negeri 1 Kuantan Mudik sudah terlaksana dengan baik hai ini ditunjukkan dengan penciptaan arsip yang dilakukan oleh staf tenaga admnistrasi yaitu pengurusan surat masuk dan surat keluar kemudian penciptaan arsip juga menggunakan bahasa yang baik dan benar. Selanjutnya proses pendistribusian arsip di Sekolah menengah atas 1 Kuantan mudik dilakukan dengan pencatatan surat masuk dan keluar di buku registrasi untuk kemudian dimasukkan ke dalam arsip sekolah. Kemudian arsip tersebut menjadi alat bukti dalam pengambilan keputusan. Arsip tersebut dipelihara dengan mengelompokkan sesuai kode dan nomor arsip, sekanjutnya penyusupan arsip dilakukan dalam jangka 5 tahun Kemudian agar dapat meningkatkan kualitas layanan administrasi terdapat beberapa poin diantaranya keandalan ini staf tenaga administrasi memberikan pelayanan dengan 3S (Salam, Senyum, Sapa), akan tetapi untuk mengenai memberikan pelayanan tenaga administrasi membutuhkan waktu yang lama dalam proses kearsipan karena sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan terbatas dalam proses kearsipan. Sedangkan daya tangkap staf tenaga administrasi dalam menjalankan tugasnya masih butuh bimbingan dari staf yang berpengalaman terhadap administrasi. Akan tetapi staf tenaga administrasi dalam menjalankan tugasnya tidak memiliki keraguan terhadap layanan administrasi. Kata Kunci: Implentasi, Manajemen Kearsipan, Kualitas Layanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jul 2023 07:43
Last Modified: 22 Jul 2023 07:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74336

Actions (login required)

View Item View Item