Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANCANGAN ALAT PENGANGKUT BAL PAKAIAN THRIFT ERGONOMI MENGGUNAKAN METODE VEREIN DEUTCHER INGENUERE (VDI) 2221 (Studi Kasus: Yumu Official Thrift, Pekanbaru)

Renaldi Fitra, - (2023) PERANCANGAN ALAT PENGANGKUT BAL PAKAIAN THRIFT ERGONOMI MENGGUNAKAN METODE VEREIN DEUTCHER INGENUERE (VDI) 2221 (Studi Kasus: Yumu Official Thrift, Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV DAN V)
BAB IV DAN V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Aktivitas rutin yang dilakukan oleh karyawan yumu yaitu pengangkutan bal pakaian thrift yang dilakukan secara manual, Proses pengagkutan bal pakaian thrift menimbulkan keluhan kepada para karyawan seperti sakit pada punggung dan pinggang, disebabkan beban yang berat dan postur tubuh karyawan yang membungkuk saat mengangkut bal pakaian thrift, tentunya hal tersebut akan beresiko jika dilakukan dengan waktu yang lama. Dalam upaya mencegah resiko tersebut, maka diperlukannya rancangan alat yang dapat membantu karyawan dalam melakukan aktivitas tersebut. Perancangan ini menggunakan Verein Deutcher Ingenieure (VDI) 2221, yaitu metode ini berorientasi pada klasifikasi tugas, perancangan konsep produk. perancangan wujud produk, dan perancangan terinci. Dengan adanya rancangan ini diharapkan dapat digunakan oleh karyawan dengan nyaman dan aman sehingga Mengurangi resiko cidera pada karyawan Yumu Official Thrift. Kata kunci: Alat pengangkut, Perancangan, Verein Deutcher Ingenieure (VDI 2221).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 22 Jul 2023 03:36
Last Modified: 22 Jul 2023 03:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74329

Actions (login required)

View Item View Item