DICKY DHARMAWAN, - (2023) PELAKSANAAN METODE TALAQQI DALAM PEMBELAJARAN TAHSIN AL-QUR`AN DI MARKAZ RUHAMA` EL-KHAIRI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Dicky Dharmawan (2023): Pelaksanaan Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahsin Al-Qur`an di Markaz Ruhama` El-Khairi Pekanbaru Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran objektif dan komprehensif tentang: Pelaksanaan metode Talaqqi dalam pembelajaran tahsin Al-Qur`an di Markaz Ruhama` El-Khairi Pekanbaru dan faktor pendukung serta penghambatnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskripstif. Informan penelitian adalah guru tahsin dan kepala Markaz Ruhama` El-Khairi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dilakukan melalui tiga tahap yaitu, reduksidata, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan metode Talaqqi dalam pembelajaran tahsin Al- Qur`an di Markaz Ruhama` El-Khairi Pekanbaru terdapat empat tahap; a) Tahap Pembukaan metode talaqqi merupakan langkah awal yang dipersiapkan ustadz atau ustadzah diawali dengan salam dan doa, lalu menanyakan kabar dari masingmasing santri, dan mempersiapkan buku atau kitab; b) Kegiatan inti pembelajaran berupa: Mendengarkan bacaan yang dibacakan oleh ustadz, Menirukan bacaan dengan menggunakan pola 1,1,1,3,6 dan 3,3,6, Melatih bacaan dan Setoran bacaan secara berhadapan dengan ustadz atau ustadzah; c) Kegiatan penutup berupa pemberian nasehat kepadasantri agar selalu mengulang pembelajaran dan menutup pembelajaran dengan doa kafaratulmajlis; d) Kegiatan Evaluasi berupa penilaian menggunakan buku penilaian. Faktor pendukung Pelaksanaan metode Talaqqi dalam pembelajaran tahsin Al-Qur`an di Markaz Ruhama` El-Khairi Pekanbaru yaitu: a) kualitas guru atau ustadz dan ustadzah dalam mengajar tahsin; b) peran serta dukungan orangtua. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: a) santri yang sering libur atau tidak datang saat pembelajaran tahsin; b) santri yang tidak mengulang bacaan ketika di rumah. Kata Kunci : Pelaksanaan, Metode Talaqqi, Tahsin Al-Qur`an
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 22 Jul 2023 02:12 |
Last Modified: | 22 Jul 2023 02:12 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74324 |
Actions (login required)
View Item |