YOLA PRASTIKA, - (2023) PENGGUNAAN PLATFORM DIGITAL SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI SUB SEKTOR EKONOMI KREATIF KERONCONGANTAR DI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (983kB) |
||
|
Text
SKRIPSI YOLA PRASTIKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nama : Yola Prastika NIM : 11643202267 Judul : Penggunaan Platform Digital Sebagai Media Informasi dan Promosi Sub Sektor Ekonomi Kreatif Keroncongantar Di Pekanbaru Keroncongantar merupakan platform digital kuliner nomor 1 di Pekanbaru. Dengan adanya platform digital, Keroncongantar lebih kreatif dengan membuat ide-ide menarik sehingga mampu menginformasikan dan mempromosikan produknya melalui platform digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan platform digital sebagai media informasi dan promosi sub sektor ekonomi kreatif Keroncongantar di Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang menjelaskan tentang penafsiran terhadap suatu fenomena yang menempatkan peneliti sebagai instrument kunci. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan teori yang dipakai yaitu teori Integrated Marketing Communication (IMC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penyebaran informasi dan komunikasi pada kegiatan jual beli Keroncongantar secara keseluruhan memanfaatkan kecanggihan digital seperti platform digital dan Website. Membuat konten foto ataupun video yang menarik. Kemudian menawarkan berupa diskon, giveaway, potongan harga dan juga cashback yang di informasikan di Instastory akun Instagram nya Keroncongantar agar customer tertarik membeli produknya. Kemudian dengan adanya testimonial dari customer yang sudah membeli produk di Keroncongantar membantu penyebaran informasi ke calon customer keroncongantar. Di era revolusi digital ini Ekonomi kreatif yang diterapkan oleh Keroncongantar berkembang dengan ide dan kreatifitas dengan kecanggihan digitalisasi. Sehingga Keroncongantar mendapatkan prestasi terpilih sebagai 100 startup terbaik di Instambul, Turki dari 166 negara di dunia yang ikut kompetisi. Kata Kunci: Penggunaan Platform Digital, Informasi dan Promosi, Ekonomi Kreatif, Keroncongantar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 22 Jul 2023 05:22 |
Last Modified: | 22 Jul 2023 05:22 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74316 |
Actions (login required)
View Item |