Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENYAKIT DALAM PADA RUMAH SAKIT JIWA TAMPAN PROVINSI RIAU DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

MUHAMMAD REFALDI WL, - (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENYAKIT DALAM PADA RUMAH SAKIT JIWA TAMPAN PROVINSI RIAU DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
file lengkap kecuali hasil penenltiian (bab iv).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
file hasil penenltiian (bab iv).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)

Abstract

MUHAMMAD REFALDI WL (2023) : PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENYAKIT DALAM PADA RUMAH SAKIT JIWA TAMPAN PROVINSI RIAU DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh kualitas pelayanan yang disediakan oleh Rumah Sakit Jiwa Tampan belum terlaksana dengan optimal. Secara umum masih terdapat kekurangan yaitu pada pelayanan Medik Dasar dan Spesialis diantaranya fasilitas ruangan yang tidak memadai terutama ruang tunggu pasien, dokter yang sedikit sehingga pasien menunggu dengan waktu yang cukup lama, dokter cenderung memberikan obat yang sama, proses pelayanan yang lambat dan kurang ramah. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam tentang kualitas pelayanan pada RSJ Tampan provinsi Riau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, untuk mengetahui tinjauan ekonomi Islam tentang kualitas pelayanan pada RSJ Tampan provinsi Riau. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif asosiatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber primer melakukan penyebaran angket kepada konsumen RSJ Tampan Riau yang berjumlah 95 konsumen, sumber sekunder yaitu buku-buku, jurnal, ensiklopedia yang relevan dengan dengan penelitian ini. Pembahasan dan dianalisis menggunakan analisis data yaitu analisis dekskriptif, uji instrumen penelitian dan uji hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini adalah bahwa kualitas pelayanan memiliki nilai t hitung > t tabel yaitu 12,422 > 1,661 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau. Secara parsial variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau. Hal ini terbukti dari nilai signifikan < 0,05 yaitu 0,00. Dari hasil Adjusted R 2 menunjukkan bahwa sebesar 0,624 memberi pengertian bahwa variasi yang terjadi pada variabel Y (kepuasan konsumen) adalah 62% ditentukan oleh variabel inpenden yaitu kualitas pelayanan. Berdasarkan tinjauan ekonomi Islam kualitas pelayanan bagi konsumen Rumah Sakit Jiwa Tampan provinsi Riau telah sesuai dengan perspektif ekonomi Islam. Hal ini dikarenakan sebagai seorang muslim dalam memberikan pelayanan haruslah mendasarkan pada nilai-nilai syari’ah guna mewujudkan rasa keadilan serta bertanggung jawab dalam melayani konsumen dan sekaligus membuktikan konsistensi keimanannya dalam rangka menjalankan misi syariat Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 22 Jul 2023 06:52
Last Modified: 22 Jul 2023 06:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74312

Actions (login required)

View Item View Item