Muhammad Baidowi (2012) PENGARUH TAYANGAN IKLAN SABUN LIFEBUOY DI MEDIA TELEVISI TERHADAP PEMBELIAN SISWA PADA MADRASAH ALIYAH UMMATAN WASATHAN PONDOK PESANTREN TEKNOLOGI RIAU PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012111MEN.pdf Download (617kB) | Preview |
Abstract
Televisi sebagai produk teknologi modern, merupakan salah satu media komunikasi massa, dalam waktu relatif singkat dapat merebut perhatian masyarakat dalam banyak hal. Iklan yang di tayangkan media televisi membentuk pernyataan sikap konsumen yang mempengaruhi pembelian konsumen. Pembentukan sikap terhadap iklan dipengaruhi oleh persepsi konsumen terhadap iklan. Sikap terhadap iklan ini diawali cara konsumen berfikir mengenai sebuah Iklan . Lifebuoy adalah salah satu sabun kesehatan. Dari macam dan jenisnya pun kita akan tahu bahwa lifebuoy sangat fokus terhadap masalah kesehatan keluarga. Dilihat dari bentuknya, harumnya dan macam-macam warnanya selalu mengalahkan sabun-sabun yang lain, sehingga mampu memberikan jawaban dari keinginan masyarakat yang beraneka ragam. Harganya yang masih bisa dijangkau kalangan bawah membuat lifebuoy dekat dengan masyarakat. Dalam penelitian ini, penulis meneliti pengaruh tayangan iklan sabun lifebuoy di media televisi terhadap pembelian siswa, penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Ummatan Wasathan Pondok Pesantren Teknologi Riau Pekanbaru. Lifebuoy merupakan merek produk sabun mandi yang sangat berpengaruh terhadap pembelian siswa dengan tingkat paling tinggi, Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh tayangan iklan sabun Lifebuoy di media televisi terhadap pembelian siswa Madrasah Aliyah Ummatan Wasathan Pondok Pesanteren Teknologi Riau Pekanbaru. Dari hasil penelitian penulis mengambil kesimpulan bahwa iklan sabun mandi Lifebuoy berpengaruh signifikan terhadap pembelian Siswa Madrasah Aliyah Ummatan Wasathan Pondok Pesantren Teknologi Riau Pekanbaru, dari hasil pengujian analisis SPSS, perhitungan Uji t nilai t-hitung sebesar 4.745 dan nilai t-tabel sebesar 2.011, Ha diterima dan H0 ditolak. dengan menggunakan Uji Regresi Linier Sederhana besarnya koefisien korelasi (R) menunjukkan hasil perhitungan diperoleh sebesar 0.444, berarti hubungan keeratan antara variabel iklan televisi dan variabel pembelian berada pada tingkat hubungan sedang, karena R berada antara 0.40-0.599. Nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0.340, artinya 34% variabel pembelian siswa ditentukan oleh variabel bebas yaitu tayangan iklan televisi, sedangkan 66% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penulisan ini. Dengan demikian apabila tayangan iklan televisi baik maka akan berpengaruh positif pada pembelian, dan apabila apabila tayangan iklan televisi tidak baik maka akan berpengaruh negatif pada pembelian siswa. Key word: iklan televisi pembelian.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 17 Sep 2016 16:02 |
Last Modified: | 17 Sep 2016 16:02 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7431 |
Actions (login required)
View Item |