Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

USULAN REDESIGN FACTORY FACILITY LAYOUT DAN KONSEP 6S DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS (STUDI KASUS: PT. METRO RIAU)

SHADAM ANNAFY, - (2023) USULAN REDESIGN FACTORY FACILITY LAYOUT DAN KONSEP 6S DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS (STUDI KASUS: PT. METRO RIAU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV DAN V)
BAB IV DAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV DAN V.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berupa usulan dengan tujuan redesign factory facility layout untuk meminimalisir total jarak material handling dan menghilangkan aliran backtracking pada proses produksi serta perbaikan manajemen lingkungan kerja untuk konsep pengelolaan lingkungan kerja yang lebih baik di PT. Metro Riau. Perusahaan ini bergerak pada bidang percetakan dengan memproduksi surat kabar. Berdasarkan pengamatan, penataan fasilitas pabrik dan penerapan manajemen lingkungan kerja dikategorikan kurang baik, sehingga berdampak meningkatnya total jarak material handling dan kurangnya kelancaran serta kenyamanan para pekerja, dan memicu adanya resiko kecelakaan kerja yang selanjutnya akan mempengaruhi penurunan tingkat produktivitas di PT. Metro Riau. Dilakukannya perancangan ulang tata letak fasilitas pabrik menggunakan metode Systematic Layout Planning (SLP) berdasarkan peta kerja, perencanaan stasiun kerja mandiri dan kebutuhan ruang, perencanaan fasilitas keseluruhan dan lantai produksi, dan perhitungan material handling. Kemudian, dilakukannya perancangan perbaikan manajemen lingkungan kerja menggunakan metode 6S yang dilandasi 6S assessment form before application. Hasil penelitian menunjukkan bahwa redesign layout dapat mengurangi total jarak antar departemen sebesar 23,765 meter dan mengurangi total jarak frekuensi material handling sebesar 53,876 meter dan menghilangkan aliran backtracking pada proses produksi, lalu diketahui bahwa perancangan 6S dapat merubah kondisi lingkungan kerja menjadi baik dengan lebih bersih, teratur, dan safe. Sehingga hasil penelitian ini dapat mengupayakan peningkatan produktivitas di PT. Metro Riau. Kata Kunci: Surat Kabar, PTLFP, Redesign Layout, Material Handling, 6S

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 22 Jul 2023 02:30
Last Modified: 22 Jul 2023 02:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74306

Actions (login required)

View Item View Item