Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA SMA

SHERIN ALFITRI FAJRI, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA SMA. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari dari observasi awal mengenai rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMAN 2 Tambang. Maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan melihat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matemaatis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional berdasarkan self efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian factorial experiment. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan dokumentassi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket self efficacy, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diterapkan model reciprocal teaching dengan siswa yang diterapkan model pembelajaran konvensional, 2) tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang dan rendah, 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran reciprocal teaching dengan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa model reciprocal teaching berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan self efficacy siswa SMAN 2 Tambang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jul 2023 08:25
Last Modified: 21 Jul 2023 08:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74297

Actions (login required)

View Item View Item