SHERIN ALFITRI FAJRI, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA SMA. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (610kB) |
||
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (17MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasari dari observasi awal mengenai rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMAN 2 Tambang. Maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan melihat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matemaatis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional berdasarkan self efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian factorial experiment. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan dokumentassi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket self efficacy, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diterapkan model reciprocal teaching dengan siswa yang diterapkan model pembelajaran konvensional, 2) tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang dan rendah, 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran reciprocal teaching dengan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa model reciprocal teaching berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan self efficacy siswa SMAN 2 Tambang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 08:25 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 08:25 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74297 |
Actions (login required)
View Item |