Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN INDRAGIRI HULU DALAM PENGHIMPUNAN ZAKAT PERKEBUNAN SAWIT DI KECAMATAN BATANG CENAKU

MAHMUT HARI SAPUTRA, - (2023) STRATEGI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN INDRAGIRI HULU DALAM PENGHIMPUNAN ZAKAT PERKEBUNAN SAWIT DI KECAMATAN BATANG CENAKU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
Mahmut Hari Saputra Lengkap Kecuali BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV (Hasil Penelitian).pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui bagaimana potensi zakat perkebunan sawit di Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu dan bagaimana strategi yang dilakukan Badan Amil Zakat nasional Kabupaten Indragiri Hulu Dalam Penghimpunan Zakat Perkebunan Sawit. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Penelitian ini dilakukan di jalan Narasinga Kampung Besar Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Penghimpunan dana zakat perkebunan sawit Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Indragiri Hulu memiliki potensi yang sangat besar jika dilihat dari luas areal perkebunan sawit yang terdapat di Kecamatan Batang Cenaku seluas 12.573 hektar, produksi kelapa sawit 50.080 ton dan jumlah petani kelapa sawit mencapai 7000 KK. Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Indragiri Hulu menggunakan empat strategi dalam penghimpunan dana perkebunan sawit yaitu: 1) Penentuan segmen dan target muzakki, 2) Penyiapan sumber daya dan sistem operasi, 3) Membangun sistem komunikasi dengan lembaga lain, 4) Sistem pelayanannya yang baik. Faktor penghambat strategi penghimpunan dana zakat perkebunan sawit Kabupaten Indragiri Hulu Kecamatan Batang Cenaku: 1) Jumlah personil tingkat pelaksana/devisi masih sangat terbatas, 2) Pimpinan/Staf perlu pelatihan dan stady banding pada BAZNAS yang sudah berjalan dengan baik di Riau, 3) Belum ada data Muzakki dan Mustahik yang akurat dari tiap Kelurahan di Kecamatan Batang Cenaku, 4) Rendahnya pemahaman dan kesadaran masyarakat untuk menunaikan zakat perkebunan sawit, 5) Pendistribusian masih bersifat parsial belum ada pendistribusian terjadwal.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: pps -
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:05
Last Modified: 24 Jul 2023 02:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74291

Actions (login required)

View Item View Item