Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

LAYANAN INFORMASI DAN EDUKASI DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING PADA ANAK DI PUSAT PEMBELAJARAN KELUARGA (PUSPAGA) KOTA PEKANBARU

DESNA FITRAH, - (2023) LAYANAN INFORMASI DAN EDUKASI DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING PADA ANAK DI PUSAT PEMBELAJARAN KELUARGA (PUSPAGA) KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIIAN (BAB V).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (828kB)

Abstract

DESNA FITRAH (2023) : LAYANAN INFORMASI DAN EDUKASI DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING PADA ANAK DI PUSAT PEMBELAJARAN KELUARGA (PUSPAGA) KOTA PEKANBARU Layanan informasi dan edukasi merupakan salah satu jenis layanan dalam penyuluhan yang ada di PUSPAGA yang dilakukan untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya pencegahan kekerasan terhadap anak. Layanan informasi dan edukasi diharapkan dapat membantu masyarakat dengan cara memberikan berbagai pengetahuan dan pemahaman mengenai pentingnya pencegahan perilaku bullying. Perilaku bullying sudah sebaiknya kita lakukan pencegahan sejak dini, yang mana ditumbuhkan kesadaran mulai dari usia anak.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana layanan informasi dan edukasi dalam sosialisasi pencegahan perilaku bullying pada anak di Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) Kota Pekanbaru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah layanan informasi dan edukasi dalam sosialisasi pencegahan perilaku bullying pada anak di Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) Kota Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskripstif, penelitian kualitatif ialah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif, teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian diperoleh informasi dari hasil wawancara bersama informan, yang mana informan peneliti adalah 3 orang konselor PUSPAGA. Hasil penelitian menunjukkan bagaimana pelaksanaan, urgensi dan layanan informasi dan edukasi dalam sosialisasi pencegahan perilaku bullying pada anak di Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) Kota Pekanbaru. Tujuan dilakukan layanan informasi dan edukasi agar masyarakat secara umum dapat mengenal dan memahami terkait perilaku bullying itu sendiri, bagaimana upaya pencegahan yang dilakukan agar anak tidak mendapat perlakuan kekerasan perundungan atau bullying. Pentingnya peran tenaga pendidik di sekolah dan juga kesadaran anak untuk bisa mencegah perilaku bullying dengan jenisnya dimana untuk kota Pekanbaru seringkali bullying secara verbal tidak disadari dan dianggap sebuah lelucon tanpa mengetahui damapak dari perilaku bullying tersebut pada anak di masa yang akan datang. KKata Kunci : Layanan Informasi dan Edukasi, Perilaku Bullying, Anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 22 Jul 2023 02:22
Last Modified: 22 Jul 2023 02:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74270

Actions (login required)

View Item View Item