Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisa Keselamatan dan Kesehatan Kerja Menggunakan Metode Hazard Identification Risk Assessment & Determining Control (HIRADC) dan Job Safety Analysis (JSA) Pada Bagian Maintenance Workshop di PT. XYZ

RIZKY FEBRIAN, - Analisa Keselamatan dan Kesehatan Kerja Menggunakan Metode Hazard Identification Risk Assessment & Determining Control (HIRADC) dan Job Safety Analysis (JSA) Pada Bagian Maintenance Workshop di PT. XYZ. JUTIN : Jurnal Teknik Industri Terintegrasi. ISSN 2620-8962 (Online) (In Press)

[img]
Preview
Text
RIZKY FEBRIAN (2).pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kecelakaan kerja yang terjadi di PT.XYZ akibat para pekerja kurang menerapkan budaya K3 seperti memakai Alat..Pelindung..Diri..(APD), pekerja.banyak.yang mengabaikan penggunaan APD atau alat pelindung diri dikarenakan pekerja.lebih.nyaman atau lebih terbiasa tidak memakai APD saat bekerja, pekerjaan di maintenance workshop tersebut bisa dikategorikan sebagai pekerjaan yang risiko kecelakaannya tinggi karena berhubungan dengan alat berat dan benda-benda yang bermassa sangat berat, oleh karena itu dibutuhkan analisa potensi bahaya, penilaian risiko, dan pengendalian bahaya.untuk.meminimalisir kecelakaan kerja..pada PT.XYZ. Setelah melakukan observasi dan melihat kecelakaan kerja yang terjadi di PT. XYZ maka peneliti akan melakukan penelitian menggunakan metode Hazard Identification Risk Assessment And Determining Control (HIRADC) dan Job Safety Analisis (JSA). Pada metode HIRADC Terdapat total 35 bahaya dengan 0 bahaya trivial, 7 bahaya acceptable, 11 bahaya moderate, 9 bahaya substansial, 8 bahaya unacceptable. Selanjutnya dilakukan pengendalian risiko, pengendalian risiko dilakukan untuk upaya pencegahan terjadinya bahaya yang telah diidentifikasi. Metode JSA bertujuan untuk identifikasi potensi bahaya di setiap operasi kerja di PT. XYZ, sehingga..pekerja..dapat..mengidentifikasi..bahaya..tersebut..sebelum terjadi..kecelakaan.atau.penyakit.akibat.kerja.

Item Type: Article
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 22 Jul 2023 12:24
Last Modified: 22 Jul 2023 12:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74258

Actions (login required)

View Item View Item