Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Pendidikan Islam di Lingkungan Sekolah Terhadap Perilaku Beragama Siswa Sekolah Menengah Atas Bangko Kabupaten Rokan Hilir.

Mutiara Rizki, - (2023) Pengaruh Pendidikan Islam di Lingkungan Sekolah Terhadap Perilaku Beragama Siswa Sekolah Menengah Atas Bangko Kabupaten Rokan Hilir. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mutiara Rizki (2023): Pengaruh Pendidikan Islam di Lingkungan Sekolah Terhadap Perilaku Beragama Siswa Sekolah Menengah Atas Bangko Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini membahas tentang pendidikan Islam di lingkungan sekolah dan perilaku beragama siswa. Permasalahan yang terjadi pada penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya perilaku beragama siswa di lingkungan sekolah, karena sekolah merupakan lingkungan pendidikan yang sesuai dengan pendidikan Islam, sehingga melaui pendidikan Islam ini sikap dan keteladanan guru serta pergaulan antar teman maupun segala aktivitas di lingkungan sekolah dinilai berperan dalam menanamkan pembiasaan yang merupakan bagian dari pembentukan perilaku beragama siswa. Penelitian ini bertujuan menguji untuk mengetahui adanya pengaruh antara pendidikan Islam di lingkungan sekolah dan perilaku beragama siswa. Metode dalam penelitian ini dengan menggunakan metode kuantitatif survey lapangan dengan tingkat ekplansi deskriptif bidang akademis. Sampel penelitian ini adalah Siswa SMA Negeri Bangko Kabupaten Rokan Hilir sebanyak 159 siswa. Teknik dalam pengumpulan data tersebut adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Analisis Regresi (anareg) sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan Islam di lingkungan sekolah SMA Negeri Bangko Rokan Hilir secara keseluruhan rata-rata berada pada tingkat sedang, dan perilaku beraga siswa siswa pada sekolah SMA Negeri Bangko Rokan Hilir tergolong dalam kategori sedang, kemudian pendidikan Islam di lingkungan sekolah memiliki berpengaruh terhadap perilaku beragama siswa SMA Negeri Bangko Bagansiapiapi Rokan Hilir. Hal ini ditunjukkan dengan hasil ro hitung lebih besar dari ro tabel yaitu 60,2% pendidikan Islam di lingkungan sekolah memberi pengaruh terhadap perilaku beragama siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri Bangko Kabupaten Rokan Hilir sedangkan sisanya 39,8% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain. Kata Kunci: Pendidikan Islam dan Perilaku beragama.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 21 Jul 2023 08:30
Last Modified: 21 Jul 2023 08:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74257

Actions (login required)

View Item View Item