Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KESELAMATAN KERJA MENGGUNAKAN METODE HIRARC DAN TRAFFIC LIGHT SYSTEM GUNA EMPERKECIL RISIKO KECELAKAAN KERJA DI PT SEBANGA MULTI SAWIT

WILNANDA DEV PERMADY SIREGAR, - (2023) ANALISIS KESELAMATAN KERJA MENGGUNAKAN METODE HIRARC DAN TRAFFIC LIGHT SYSTEM GUNA EMPERKECIL RISIKO KECELAKAAN KERJA DI PT SEBANGA MULTI SAWIT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
LAPORAN AKHIR KECUALI BAB IV DAN V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV DAN BAB V)
BAB IV DAN V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)

Abstract

PT Sebanga Multi Sawit adalah perusahaan yang berdiri sejak tahun 1991 yang berlokasi di Jl. Desa Harapan Baru Km 10 Sebanga Duri. Produk yang di hasilkan oleh PT Sebanga Multi Sawit adalah Crude Palm Oil. Selama proses produksi di PT Sebanga Multi Sawit banyak terjadi kecelakaan kerja. Salah satu kecelakaan kerja pada PT Sebanga Multi Sawit yaitu pekerja terkena uap panas pada bagian perebusan dikarenakan tangki perebusan meletus. Kecelakaan kerja tersebut diakibatkan oleh kurangnya pengawasan pada mesin dan kurangnya tingkat kesadaran pekerja untuk memakai alat pelindung diri. Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan dalam system manajemen Kesehatan dan keselamatan kerja di PT Sebanga Multi Sawit yaitu dengan metode HIRARC dan Traffic Light System. Metode HIRARC menentukan arah penerapan K3 di perusahaan agar perusahaan dapat menyelesaikan masalahnya sendiri, terutama masalah manajemen internal, sedangkan Traffic Light System digunakan sebagai sarana untuk melihat lokasi kegiatan sesuai dengan kriteria yang diukur. Tingkat resiko kecelakaan kerja di PT Sebanga Multi Sawit berada pada tingkat sedang dengan implementasi kesehatan dan keselamatan kerja pada tingkatan merah, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa PT Sebanga Multi Sawit berada dalam kondisi berbahaya dan diperlukan perbaikan segera. Usulan perbaikan yang diberikan yaitu dengan menerapkan SOP, memberikan pelatihan kepada pekerja, memberikan peringatan untuk selalu menjaga kesehatan dan keselamatan kerja, menjaga lingkungan kerja serta selalu menggunakan alat pelindung diri selama bekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 22 Jul 2023 07:37
Last Modified: 22 Jul 2023 07:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74252

Actions (login required)

View Item View Item