Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP JUAL BELI JERSEY TIRUAN (STUDI KASUS TOKO BAROKAH KELURAHAN SIMPANG BARU KECAMATAN BINAWIDYA KOTA PEKANBARU)

Rifqi Rahmat Fadhilah, Rifqi (2023) TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP JUAL BELI JERSEY TIRUAN (STUDI KASUS TOKO BAROKAH KELURAHAN SIMPANG BARU KECAMATAN BINAWIDYA KOTA PEKANBARU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Tinjauan Fiqh Muamalah terhadap jual beli jersey tiruan (Studi Kasus Toko Barokah Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Binawidya Kota Pekanbaru. Dimana permintaan masyarakat Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Binawidya Kota Pekanbaru sangat tinggi terutama dikalangan remaja. Dalam hal ini jersey tiruan digunakan masyarakat sebagai atribut untuk bermain maupun menonton pertandingan sepakbola, terlebih harganya jauh lebih murah dari jersey originalnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktek jual beli jersey tiruan di toko Barokah Kelurahan Simpang Baru, bagaimana minat masyarakat Kelurahan Simpang Baru dalam memebeli Jersey tiruan dan bagaimana tinjauan Fiqh Muamalah terhadap jual beli jersey tiruan di toko Barokah Kelurahan Simpang baru. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui praktek jual beli jersey tiruan, minat masyarakat terhadap jersey tiruan serta hukum jual beli jersey tiruan di toko Barokah, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), subjek dalam penelitian ini adalah penjual dan pembeli jersey tiruan ditoko Barokah, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah praktek jual beli jersey tiruan di toko Barokah dan pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, angket serta dianalisis secara deskriptif kualitatif Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa praktek jual beli jersey tiruan terdapat gharar dimana pembeli kurang mengetahui keaslian jersey tiruan di toko Barokah. Jika ditinjau dari Fiqh Muamalah transaksi jual beli tersebut terlarang bersifat dharar yakni merugikan pemilik yang memiliki hak merek jersey tersebut serta merugikan konsumen yang tidak dapat membedakan antara jersey asli dan tiruan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli, Jersey Tiruan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 22 Jul 2023 05:10
Last Modified: 22 Jul 2023 05:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74222

Actions (login required)

View Item View Item