Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DEDIKASI CINTA SEJATI KEPADA ALLAH SWT DALAM KISAH NABI YUSUF (STUDI ANALISIS TAFSIR TEMATIK)

KHOIRUL SALEH LUBIS, - (2023) DEDIKASI CINTA SEJATI KEPADA ALLAH SWT DALAM KISAH NABI YUSUF (STUDI ANALISIS TAFSIR TEMATIK). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas tentang bagaimana dedikasi dalam mencintai Allah Swt yang saya ambil dari kisah nabi Yusuf. Sejauh ini belum ada yang membahas khusus konsep cinta dari nabi Yusuf kepada Allah Swt. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penafsiran ayat tentang cinta sejati kepada Allah Swt dalam kisah nabi Yusuf yaitu q.s Yusuf: 8, 15,19 20, 24, 32, 33, 54 dan bagaimana mewujudkan dedikasi cinta sejati kepada Allah Swt dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menjawab permasalahan ini peneliti menggunakan jenis penelitian kepustakaan. Kemudian memaparkan penafsiran q.s Yusuf: 8, 15, 19, 20, 24, 32, 33, 54 dengan 3 (tiga) penafsiran yang berbeda, yaitu: Tafsir al-Azhar, tafsir al-Mishbah dan tafsir ibnu Katsir dengan menggunakan metode tematik (maudhu’i). Sumber primernya adalah kitab tafsir al-Azhar, tafsir al-Mishbah dan tafsir ibnu Katsir, dan data skundernya meliputi buku-buku yang berkaitan dengan penelitian ini. Dari hasil penelitian ini penulis menemukan: Cinta adalah pengetahuan, pengetahuan tentang Allah Swt akan melahirkan cinta kepada-Nya. Orang yang mencintai pasti akan berkorban. Orang yang berdedikasi adalah orang yang mengorbankan jiwa dan raganya untuk sesuatu yang dia cinta, baik berupa waktu, tenaga, pikiran dan bahkan materi. Dan dikatakan cinta kepada Allah Swt mesti harus taat kepadanya, dengan ketaatan tersebut dikatakanlah seorang hamba telah berdedikasi dalam mencintai Allah SWT. Cinta seorang hamba kepada Allah Swt akan dibalas dengan limpahan kebajikan dan rahmat-Nya susuai kadar cintanya. Sebab berkurang lebihnya cinta seorang hamba adalah karena berserikatnya pada pokok cinta, yaitu semakin banyak cintanya untuk yang lain maka semakin sedikit cintanya kepada Allah Swt. Kata kunci: Hamma, Dedikasi, Cinta sejati, Kisah Nabi Yusuf, Tafsir Tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:50
Last Modified: 21 Jul 2023 07:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74214

Actions (login required)

View Item View Item