TASYA MARZUQAH, - (2023) PENERAPAN ALGORITMA FP-GROWTH PADA PENCARIAN HUBUNGAN WAKTU PEMBELIAN DAN BARANG YANG DIBELI UNTUK STRATEGI PROMOSI PENJUALAN. JURNAL RISET KOMPUTER, 10 (03). pp. 697-703. ISSN e-ISSN 2715-7393 (Media Online), p-ISSN 2407-389X (Media Cetak)
|
Text
TERBARU PAPER TASYA M.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
TASYA MARZUQAH (11950325047) : Ledimart merupakan minimarket yang menjual barang harian kebutuhan sehari-hari. Ledimart terletak di Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau. Permasalahan yang dihadapi minimarket Ledimart adalah minimarket ini tidak tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan promosi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka penelitian ini melakukan Association Rule Mining (ARM), agar bisa mengetahui hubungan antara waktu pembelian dan barang yang dibeli. Algoritma ARM yang digunakan adalah Algoritma FP-Growth. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data transaksi penjualan bulan Desember 2021, bulan Januari 2022, dan bulan Ramadhan 1444 H (2 April – 1 Mei 2022). Berdasarkan hasil percobaan, pada bulan Desember 2021 didapatkan 6 rule, pada bulan Januari 2022 didapatkan 6 rule, dan pada bulan Ramadhan 1444 H didapatkan 12 rule. Sehingga, dengan mengetahui pola ini diharapkan dapat membantu Ledimart menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan promosi. Kata Kunci: Aturan Asosiasi; Data Mining; FP-Growth; Promosi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 22 Jul 2023 01:47 |
Last Modified: | 22 Jul 2023 01:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74209 |
Actions (login required)
View Item |