PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN STRIP STORY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS II MTS DINIYAH PUTERI PEKANBARU

Murni Harsyi Passya, (2011) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN STRIP STORY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS II MTS DINIYAH PUTERI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011423-.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar bahasa Arab siswa kelas dua Mts Diniyah Puteri. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan Media Strip Story dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas II Mts Diniyah Puteri Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II Mts Diniyah Puteri Pekanbaru yang berjumlah 22 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan media Strip Story dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas II Mts Diniyah Puteri Pekanbaru. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan bulan Maret sampai dengan Mei 2011. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik, maka peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan Media Strip Story, diketahui dari adanya peningkatan hasil belajar bahasa Arab siswa pada setiap siklus baik pada siklus I, II dan III. Pada siklus I tanpa tindakan pertemuan pertama, hasil belajar bahasa Arab siswa adalah 57,272 % dengan kategori “ cukup ” karena berada pada interval 56-75 %. Pada siklus I dengan tindakan pertemuan kedua hasil belajar bahasa Arab siswa meningkat dengan persentase 62,95 % dengan kategori “ cukup ” karena berada pada interval 56-75 %. Setelah diadakan perbaikan proses pembelajaran pada siklus II pertemuan ketiga, hasil belajar bahasa Arab siswa meningkat dengan persentase 70,86 % dngan kategori “ cukup ” berada pada interval 56-75%, dan diadakan lagi perbaikan proses pembelajaran pada siklus III pertemuan ke empat, hasil belajar bahasa arab siswa 76,56% dengan katagori “tinggi” berada pada interval 75-100%. Hal ini menunjukkan bahwa perbaikan proses pembelajaran bahasa Arab melalui penerapan Media Strip Story dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 12 Jan 2016 09:02
Last Modified: 12 Jan 2016 09:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/742

Actions (login required)

View Item View Item