Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENAFSIRAN MAKNA FIRASAT DAN RELEVANSINYA DENGAN ILMU PSIKOLOGI (Studi Terhadap Pandangan Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyah 1292-1350 M)

BUNGA DWI SUKMA, - (2023) PENAFSIRAN MAKNA FIRASAT DAN RELEVANSINYA DENGAN ILMU PSIKOLOGI (Studi Terhadap Pandangan Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyah 1292-1350 M). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas mengenai Penafsiran Makna Firasat Dan Relevansinya Dengan Ilmu Psikologi (Studi Terhadap Pandangan Ibnu Al-Qayyim AlJauziyah). Firasat merupakan kemampuan dari dalam diri seseorang untuk merasakan apa yang akan terjadi dalam hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai firasat dalam al-Qur‟an serta hubungannya dengan ilmu psikologi dalam pandangan Ibnu al-Qayyim al-Jauziyah, mulai dari perspektif dalil, dan pendapatnya mengenai firasat. Penelitian ini bersifat penelitian kepustakaan (library research) dan metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Data-data yang terkait dengan studi ini dikumpulkan melalui studi pustaka dengan metode analisis data kualitatif. Penelitian ini disajikan dengan teknis analisis deskriptif, yaitu dengan menjelaskan permasalahan yang berhubungan, dengan merujuk pada al-Qur‟an sebagai data primer dan buku-buku literatur yang berkaitan sebagai data sekunder. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ibnu al-Qayyim dalam menjelaskan mengenai firasat mukmin terdapat dalam al-Qur‟an surah al-Hijr ayat 75, Muhammad ayat 30, al-Baqarah ayat 273. Menurut Ibnu al-Qayyim firasat adalah kemampuan yang diberikan oleh Allah dan dapat membantu seseorang dalam memahami tanda-tanda kebesaran Allah serta menjadi pedoman dalam beribadah dan menjalani kehidupan. Syarat utama untuk mendapatkannya adalah hati yang suci, jujur, dan ikhlas. Cinta kepada Allah merupakan syarat kesempurnaan iman, dan keyakinan pada Allah penting dalam menjalankan agama Islam serta mendapat petunjuk firasat. Kata Kunci : Firasat, Psikologi, Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 22 Jul 2023 06:46
Last Modified: 22 Jul 2023 06:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74167

Actions (login required)

View Item View Item