Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

JUAL BELI TIKET KONSER ONLINE DI INSTAGRAM DITINJAU MENURUT FIQH MUAMALAH (Studi Kasus Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah dan Hukum UIN SUSKA RIAU)

RETNO NOVIRA, - (2023) JUAL BELI TIKET KONSER ONLINE DI INSTAGRAM DITINJAU MENURUT FIQH MUAMALAH (Studi Kasus Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah dan Hukum UIN SUSKA RIAU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)

Abstract

ABSTRAK Retno Novira, 2023 : Jual Beli Tiket Konser Online di Instagram Ditinjau Menurut Fiqh Muamalah (Studi Kasus Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah dan Hukum UIN SUSKA RIAU) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan yakni praktik jual beli tiket konser online di Instagram yang dilakukan oleh kalangan mahasiswa hukum ekonomi syariah, yang dalam praktik tersebut terjadi hal yang keliru dari yang semestinya. Dimana yang seharusnya membeli tiket melalui pihak yang resmi, tetapi mahasiswa membeli dan menonton konser melalui pihak yang tidak resmi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik jual beli tiket konser online di Instagram yang dilakukan oleh mahasiswa hukum ekonomi syariah serta bagaimana tinjauan fiqh muamalah terhadap jual beli tiket konser online di Instagram. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik jual beli tiket konser online di Instagram serta untuk mengetahui tinjauan fiqh muamalah terhadap jual beli tiket konser online di Instagram. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang berlokasi pada Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Populasi pada penelitian ini berjumlah 93 orang dan sampel yang diambil sebanyak 20 orang yang terdiri dari 19 pembeli dan 1 penjual dimana metode yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Metodede pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah mahasiswa dan penjual, sedangkan sumber daata sekunder diperoleh melalui buku, jurnal, dan artikel. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa praktik jual beli tiket konser online di Instagram yang dilakukan penjual adalah dengan cara mengadakan event nonton bareng dengan melakukan registrasi untuk mengisi data diri melalui google form guna memesan tiket konser dan melakukan pembayaran melalui transfer bank ataupun e-money berupa aplikasi Dana dan Shopeepay. Kemudian jika ditinjau menurut fiqh muamalah jual beli tersebut diperbolehkan karena rukun dan syarat jual beli dalam transaksi tersebut telah terpenuhi. Tiket konser yang menjadi objek dalam jual beli telah sepenuhnya menjadi milik penjual dan bukan milik orang lain karena sebelumnya penjual telah membeli tiket melalui pihak yang resmi sesuai dengan syariah Islam. Jual beli tersebut juga tidak melanggar aturan yang tertera dalam Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta karena barang yang menjadi objek jual beli bukan hasil dari pelanggaran hak cipta. Kata Kunci : Tiket Konser, Hak Cipta, Instagram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 22 Jul 2023 03:06
Last Modified: 22 Jul 2023 03:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74163

Actions (login required)

View Item View Item