Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH EARNING POWER, LEVERAGE, ASIMETRI INFORMASI, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empris pada Perusahaan Sub Sektor Jasa Asuransi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2021)

ELSI YULIA NANDA, - (2023) PENGARUH EARNING POWER, LEVERAGE, ASIMETRI INFORMASI, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empris pada Perusahaan Sub Sektor Jasa Asuransi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2021). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
file lengkap kecuali hasil penelitian (bab iv).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
file hasil pennelitian (bab iv).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)

Abstract

ELSI YULIA NANDA (2023) : PENGARUH EARNING POWER, LEVERAGE, ASIMETRI INFORMASI, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empris pada Perusahaan Sub Sektor Jasa Asuransi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2021) Manajemen laba merupakan kebijakan akuntansi yang dipilih oleh manajer untuk mencapai tujuan tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh earning power, leverage, asimetri informasi, dan kebijakan dividen terhadap manajemen laba pada perusahaan sub sektor jasa asuransi yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2018-2021. Populasi penelitian ini sebesar 16 perusahaan asuransi dan metode pengambilan sampel purposive sampling sehingga jumlah sampel sebesar 10 perusahaan asuransi. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui laporan tahunan perusahaan. Analisisi data menggunakan regresi data panel yang terdiri dari analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, pemilihan regresi data panel dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian variabel leverage, asimetri informasi, dan kebijakan dividen berpengaruh terhadap manajemen laba. Sedangkan earning power tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Secara simultan earning power, leverage, asimetri informasi dan kebijakan dividen perpengaruh terhadap manajemen laba. Dari hasil penelitian ini juga diperoleh Koefesien Determinasi (R2 ), variabel Independen dapat menjelaskan pengaruh manajemen laba sebesar 91% sedangkan sisanya sebesar 9% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci:Earning Power, Leverage, Asimetri Informasi, Kebijakan Dividen, Manajemen Laba

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:47
Last Modified: 18 Jul 2023 08:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74151

Actions (login required)

View Item View Item