Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KALIMAH THAYYIBAH DALAM AL-QUR’AN (SUATU TINJAUAN TEORI AL-WUJUH WA AN-NAZHAIR)

Qurrota Aini Aldina, - (2023) ANALISIS KALIMAH THAYYIBAH DALAM AL-QUR’AN (SUATU TINJAUAN TEORI AL-WUJUH WA AN-NAZHAIR). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI QURROTA AINI ALDINA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kajian Al-Wujuh wa An-Nazhair banyak sekali ditemukan dalam Al-Qur’an. Dalam mengungkapkan makna kalimah thayyibah, Al-Qur’an menggunakan beberapa derivasinya seperti kalimatan thayyibatan, qaulun ma’rufun, qaulan sadidan, qaulan layyinan. Keempat derivasi ini secara harfiyah dapat diartikan dengan perkataan yang baik (kalimah thayyibah). Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan makna dari keempat derivasi tersebut dengan melihat pada sudut kajian Al-Wujuh wa An-Nazhair. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk-bentuk kalimah thayyibah dalam Al-Qur’an dan apa saja yang dimaksud dengan kalimah thayyibah tersebut dalan kajian Al-Wujuh wa An-Nazhair. Penelitian ini menggunakan metode tematik dengan jenis penelitian berbentuk library research yaitu penelitian yang menitik beratkan pada literatur dengan cara menganalisis muatan isi dari literatur-literatur yang terkait dengan objek penelitian, baik dari data primer maupun data skunder. Adapun hasil dari penelitian ini adalah. Pertama, terdapat empat derivasi dalam Al-Qur’an yang memiliki arti perkataan yang baik (kalimah thayyibah) yaitu, kalimatan thayyibatan, qaulun ma’rufun, qaulan sadidan, qaulan layyinan. Kata kalimatan thayyibatan terdapat dua kali disebut dalam Al-Qur’an, kata qaulun ma’rufun terdapat enam kali disebut dalam Al-Qur’an, kata qaulan sadidan terdapat dua kali disebutkan dalam Al-Qur’an, kata qaulan layyinan terdapat satu kali disebutkan dalam Al-Qur’an. Kedua, makna kata kalimtan thayyibatan disini bermaksud kalimah tauhid dan dakwah Al-Qur’an serta zikir, qaulun ma’rufun bermaksukan perkataan yang baik seperti perkataan yang sopan, qaulan sadidan bermaksudkan perkataan yang benar dan lurus, sedagkan qaulan layyinan bermaksud perkataan yang lemah lembut dan tidak kasar. Kata kunci: Al-Qur’an, Al-Wujuh Wa An-Nazhair, Kalimah thayyibah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 21 Jul 2023 04:08
Last Modified: 24 Jul 2023 02:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74145

Actions (login required)

View Item View Item