Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIFITAS PENERAPAN MEDIA FLASHCARD (DOMINO) MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS VII DI PONDOK MODERN AL-KAUTSAR.

WILA PRAYEGA, - (2023) EFEKTIFITAS PENERAPAN MEDIA FLASHCARD (DOMINO) MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS VII DI PONDOK MODERN AL-KAUTSAR. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS WILA PRAYEGA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wila Prayega, (0202): Efektifitas penerapan media flashcard (domino) menggunakan pendekatan cooperative learning untuk meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan kosakata siswa kelas VII di pondok modern Al-kautsar. Penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen dengan menggunakan pendekatan Kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui Efektifitas penerapan media flashcard (domino) menggunakan pendekatan cooperative learning untuk meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan kosakata siswa kelas VII di pondok modern Al-kautsar. Rumusan maslalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan media flashcard (domino) menggunakan pendekatan cooperative learning efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan kosakata siswa kelas VII di pondok modern Al-kautsar. Populasi dalam penelitian adalah seluruh Siswa Kelas VII di pondok modern Al-kautsar yang berjumlah 871 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adala siswa kelas VII A dan kelas VII B. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan rumus t test dan menggunakan SPSS. Diketahui bahwa penerapan media flashcard (domino) menggunakan pendekatan cooperative learning efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan kosakata siswa kelas VII di pondok modern Al-kautsar yang ditunjukkan dengan t hitung nilai postest pada kelas eksperimen variable penguasaan kosakata sebesar 51984 dengan signifikansi 01000. Diperoleh nilai t tabel dengan df=41 pada alpha 45 sebesar 21002. Dengan demikian maka diketahui t hitung (51984) > t tabel (21002) atau signifikansi (01000) < 0104 yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan kosakata siswa setelah penerapan media flashcard (domino) menggunakan pendekatan Cooperative Learning antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Sedangkan nilai postest pada kelas eksperimen variable penguasaan motivasi diperoleh nilai t hitung sebesar 919,9 dengan signifikansi 01000. Diperoleh nilai t tabel dengan df=41 pada alpha 45 sebesar 21002. Dengan demikian maka diketahui t hitung (919,9) > t tabel (21002) atau signifikansi (01000) < 0104 yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa setelah penerapan media flashcard (domino) menggunakan pendekatan Cooperative Learning antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kata Kunci : media flashcard, pendekatan cooperative learning, motivasi belajar dan penguasaan kosakata

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: pps -
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:07
Last Modified: 21 Jul 2023 02:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74099

Actions (login required)

View Item View Item