Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

APLIKASI DOSIS KOMPOS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS) DIPERKAYA Trichoderma harzianum DAN DOSIS POC NUTRITANTAN PADA BUDIDAYA BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.)

KHAIFA ROBBI, - (2023) APLIKASI DOSIS KOMPOS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS) DIPERKAYA Trichoderma harzianum DAN DOSIS POC NUTRITANTAN PADA BUDIDAYA BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

APLIKASI DOSIS KOMPOS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS) DIPERKAYA Trichoderma harzianum DAN DOSIS POC NUTRITANTAN PADA BUDIDAYA BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) Khaifa Robbi (11980212481) Di Bawah Bimbingan Mokhamad Irfan dan Bakhendri Solfan INTISARI Pertumbuhan dan produksi tanaman dipengaruhi pemupukan, pupuk organik yang diperkaya mikroorganisme menjadi alternatif yang tepat untuk memperbaiki aspek budidaya tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dosis kompos tandan kosong kelapa sawit, dosis POC Nutritantan dan interaksi yang terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman Bawang merah. Penelitian ini telah dilaksanakan di Lahan Percobaan dan Laboraturium Agronomi dan Agrostologi Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember sampai Februari 2023. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) faktroial. Faktor pertama dosis pupuk kompos TKKS diperkaya T. harzianum (Kontrol, 5 T/ha = 350 g, 10 T/ha = 700 g, 15 T/ha = 1.050 g). Faktor kedua adalah dosis POC Nutritantan (0%, 5%, 10%), dihasilkan 12 kombinasi percobaan diulang 3 kali. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa interaksi Perlakuan pupuk kompos TKKS 15 T/ha = 1.050 g + POC Nutritantan 10% memberikan pengaruh nyata terhadap tinggi tanaman dan jumlah daun per rumpun, dan menunjukkan hasil tertinggi pada parameter jumlah umbi per rumpun, diameter umbi per rumpun , berat basah tanaman per rumpun , dan berat kering tanaman per rumpun. Disarankan menggunakan Pupuk kompos TKKS dan POC Nutritantan (TKKS 15 T/ha=1.050 g + POC Nutritantan 5%) dapat meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah. Kata kunci : Pertumbuhan, Rumpun, Tanaman, Umbi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:05
Last Modified: 18 Jul 2023 07:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74094

Actions (login required)

View Item View Item