Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KEARIFAN PUNCAK (AL-HIKMAH AL-MUTA’ALIYAH) PERSPEKTIF MULLA SADRA

VENI WULAN NASTITI, - (2023) KEARIFAN PUNCAK (AL-HIKMAH AL-MUTA’ALIYAH) PERSPEKTIF MULLA SADRA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
kecuali bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak: penelitian ini membahas tentang “Kearifan Puncak (Al-Hikmah Al-Muta’aliyah) Perspektif Mulla Sadra”. Penulis tertarik meneliti judul ini karena untuk mengetahui apa itu Hikmah Muta’aliyah Mulla Sadra dan bagaimana kedudukannya dalam filsafat Islam. Karena masih banyak terjadi perdebatan antara agama dan filsafat atau akal dan wahyu setelah mendapat kritikan dari beberapa tokoh Islam tentang kedua hal tersebut yang disintesiskan dan itu salah satu penyebab kemunduran filsafat Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research). Data penelitian ini dikumpulkan melalui pembacaan teks dan selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini menjelaskan bahwa dalam mazhab Mulla Sadra yaitu “Al-Hikmah Al-Muta’aliyah” atau kearifan puncak, ia mensintesiskan beberapa aliran dan ilmu dari tokoh sebelumnya dan kemudian disimpulkan dalam alirannya tersebut. Yaitu mazhab paripatetik yang dipelopori oleh Ibnu Sina yang mana aliran ini lebih condong kepada rasional dan mazhab iluminasi yang dipelopori oleh Suhrawardi dan fokus kepada intuisi atau wahyu. Nah, menurut Mulla Sadra dalam mencapai kearifan yang tinggi atau puncak, tidak cukup hanya menggunakan akal atau wahyu saja, tetapi juga harus disertakan dengan intuisi atau irfan. Jika dalam mencari kebenaran tanpa menggunakan wahyu maka tidak ada dasarnya dan jika tidak menggunakan akal, maka akan bisu. Maka dari itu wahyu dan akal sama pentingnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Aqidah dan Filsafat
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:39
Last Modified: 21 Jul 2023 02:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74092

Actions (login required)

View Item View Item