Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PENETAPAN HARGA DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PAKAIAN BEKAS IMPORT DI PASAR SENAPELAN PEKANBARU PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

FATIHATUL ARSY, - (2023) STRATEGI PENETAPAN HARGA DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PAKAIAN BEKAS IMPORT DI PASAR SENAPELAN PEKANBARU PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
Skripsi Lengkap Kecuali BAB IV (Hasil Penelitian).pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB IV (Hasil Penelitian).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya volume penjualan pakaian bekas di Pasar Senapelan, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penetapan harga yang dilakukan oleh penjual pakaian bekas / thrifting dalam meningkatkan volume penjualan di Pasar Senapelan Kecamatan Senapelan menurut perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini berbentuk lapangan (field Resaearch) yang berlokasi di Pasar Senapelan Pekanbaru, metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan bersumber dari data primer yaitu data yang didapatkan dari penjual dari hasil wawancara dan data skunder yaitu data yang di proleh dari referensi – referensi yang memiliki relevansi dengan permasalahan penelitian. Subjek penelitian di penelitian ini adalah para penjual yang menjual pakaian bekas saja dan informan yang di ambil dalam penelitian berjumlah 5 orang, analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian 1. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan di Pasar Senapelan Pekanbaru dapat diketahui bahwa para pedagang produk pakaian bekas di sana sudah sesuai dengan prosedur yaitu dengan menggunakan berbagai macam strategi penetapan harga seperti penetapam harga fleksibel, penetapan harga tunggal, dan cost plus pricing, dari ketiga strategi yang digunakan oleh penjual di pasar senapelan srategi yang efektif untuk meningkatkan volume penjualan adalah strategi penetapan satu harga dan diiringi dengan metode penggunaan media sosial dalam memperkenalkan produk agar lebih mudah dikenal dan dijangkau oleh konsumen/pembeli. 2. Dalam hal perspektif ekonomi Islam terhadap strategi penetapan harga pakaian bekas import di pasar Senapelan, penjual telah memenuhi syarat objek yang ditransaksikan seperti barang harus suci, barang harus memiliki manfaat, dan beberapa perspektif seperti harga equilibrium (harga yang adil), yaitu barang tidak ada kecacatan dan tidak melebih lebihkan harga. Ar-ridha yaitu transaksi yang dilakukan atas dasar kerelaan antara kedua belah pihak, dan tidak adanya monopoli produk atau ihtikar. Kualitas barang dan kejujuran, memberikan keterangan atras kekurangan dan kerusakan pada produk yang masih bisa di tolerir oleh pembeli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 22 Jul 2023 03:24
Last Modified: 22 Jul 2023 03:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74086

Actions (login required)

View Item View Item