Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL BERBASIS OPEN ENDED TERINTEGRASI KEISLAMAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP/MTs

MELANI JULIANA, - (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL BERBASIS OPEN ENDED TERINTEGRASI KEISLAMAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MELANI JULIANA.pdf

Download (41MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Melani Juliana (2023) : Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip Pdf Professional Berbasis Open Ended Terintegrasi Keislaman Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP/MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan e-modul menggunakan flip pdf professional berbasis open ended terintegrasi keislaman untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP/MTs yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Huda Pekanbaru pada semester genap Tahun Ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah para ahli dan siswa kelas VII MTs Al- Huda Pekanbaru. Objek penelitian ini berupa e-modul menggunakan flip pdf professional berbasis open ended terintegrasi keislaman. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar angket, soal pretest dan soal posttest. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas flip pdf professional berbasis open ended terintegrasi keislaman yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid dengan tingkat kevalidan 0,884 dan sangat praktis dengan persentase (86,67% untuk kelompok kecil dan 83,91% untuk kelompok terbatas). Selanjutnya untuk efektifitas e-modul diperoleh nilai n-gain sebesar 0,715 dengan kategori tinggi. Selain itu, berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh yaitu . Artinya, terdapat perbedaan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara sebelum dan sesudah penggunaan e-modul yang dikembangkan dengan rata-rata skor pretest 44,310 dan rata-rata skor posttest 83,79. Hal tersebut menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif untuk digunakan. Kata Kunci : Pengembangan, E-Modul, Flip PDF Professional, Open Ended, Terintegrasi Keislaman, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:02
Last Modified: 21 Jul 2023 03:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74079

Actions (login required)

View Item View Item