Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PERSEPSI HARGA, PERSEPSI KUALITAS PRODUK DAN SERTIFIKASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA HERBAL PENAWAR ALWAHIDA INDONESIA (HPAI) DI KOTA PEKANBARU

INDRA KURNIAWAN, IK (2023) PENGARUH PERSEPSI HARGA, PERSEPSI KUALITAS PRODUK DAN SERTIFIKASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA HERBAL PENAWAR ALWAHIDA INDONESIA (HPAI) DI KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, UIN Suska Riau.

[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB IV indra kurniawan.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV INDRA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penjualan Produk Herbal Penawar Al Wahida di Business Centre Herbal Islami / HNI Cabang Pekanbaru mengalami fluktuasi terjadi peningkatan dan juga penurunan penjualan setiap tahunnya. Melihat masalah ini yang dialami oleh HNI Cabang Pekanbaru, maka sudah seharusnya HNI Cabang Pekanbaru mencari berbagai permasalahan yang mampu meningkatkan pembelian konsumen terhadap produk yang dipasarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, persepsi kualitas produk, dan sertifikasi halal terhadap keputusan pembelian pada Herbal Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) Di Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di Herbal Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) Di Kota Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Untuk teknik pengambilan sampel memakai Rumus Slovin, digunakan pada populasi seluruh yang berjumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah dengan metode wawancara dan angket (kuesioner). Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan secara simultan persepsi harga, persepsi kualitas produk dan sertifikasi halal secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen pada Herbal Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) di Kota Pekanbaru yang menunjukkan hasil F Hitung sebesar 505,987 lebih besar dari F tabel sebesar 3,11. Secara individual (parsial) diperoleh nilai t hitung antara persepsi harga terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 4,043 dan t tabel sebesar 1,990. Karena t hitung > t tabel atau nilai sig.t (0.000) < α = 0.05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima sehingga keputusan pembelian secara signifikan dipengaruhi oleh persepsi harga. Selanjutnya nilai t hitung antara persepsi kualitas produk dengan keputusan pembelian sebesar 9,550 dan t tabel sebesar 1,990. Karena t hitung > t tabel maka dapat disimpulkan bahwa keputusan pembelian dipengaruhi secara signifikan oleh persepsi kualitas produk. Selanjutnya nilai t hitung antara sertifikasi halal dengan keputusan pembelian sebesar 5,238 dan t tabel sebesar 1,990. Karena t hitung > t tabel maka dapat disimpulkan bahwa keputusan pembelian dipengaruhi secara signifikan oleh sertifikasi halal. Berdasarkan nilai Adjusted R square diketahui bahwa variabel persepsi harga, persepsi kualitas produk dan sertifikasi halal memberikan pengaruh atau kontribusi terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 0,951atau 95,1% dan sisanya 4,9 % dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi harga, persepsi kualitas produk dan sertifikasi halal merupakan faktor yang cukup penting dalam peningkatan keputusan pembelian konsumen pada Herbal Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) di Kota Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: pps -
Date Deposited: 20 Jul 2023 08:19
Last Modified: 20 Jul 2023 08:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74077

Actions (login required)

View Item View Item