Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENGUNGGAH FOTO KEMESRAAN BAGI PASANGAN SUAMI ISTRI DI MEDIA SOSIAL PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus di RW/09 Kelurahan Perawang Barat, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak)

THISSA ALDIGUN, - (2023) MENGUNGGAH FOTO KEMESRAAN BAGI PASANGAN SUAMI ISTRI DI MEDIA SOSIAL PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus di RW/09 Kelurahan Perawang Barat, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
kecuali bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya fenomena mengunggah foto kemesraan pasangan suami istri di media sosial kepada publik dengan berbagi gambar bermuatan cinta. Yang tidak sesuai dengan syariat Islam dan dapat mendatangkan syahwat bagi yang melihatnya. Tujuan penelitian ini untuk menemukan motif pasangan suami istri mengunggah foto kemesraan pada media sosial, problematika yang terjadi dari mengunggah foto kemesraan di media sosial, dan perspektif hukum Islam terhadap mengunggah foto kemesraan bagi pasangan suami istri di media sosial. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di RW/09 Kelurahan Perawang Barat, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak. Subjek penelitian ini adalah pasangan suami istri yang mengunggah foto kemesraan dimedia sosial. Objek penelitian ini adalah hukum mengunggah foto kemesraan bagi pasangan suami istri dimedia sosial perspektif hukum Islam di RW/09 Kelurahan Perawang Barat, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak. Populasi dalam penelitian ini 6 pasangan suami istri yang mengunggah foto kemesraan dimedia sosial yang berjumlah 12 orang. Oleh karena jumlah populasi yang sedikit maka penulis mengambil keseluruhan jumlah populasi tersebut dan di teliti dengan metode total sampling. Hasil penelitian ini adalah: pertama, motif pasangan suami istri mengunggah foto kemesraan di media sosial yaitu untuk menghargai pasangan, memamerkan hubungan, sebagai sarana berbagi perasaan, untuk kepuasan tersendiri dan sebagai eksistensi diri agar mereka dikenal oleh banyak orang termasuk pengikut akun media sosialnya, serta menjadi suatu kebanggaan bagi dirinya karena telah mempunyai pasangan. Kedua, problematika yang terjadi dari mengunggah foto kemesraan di media sosial bagi rumah tangga contoh: rumah tangga di uji dengan adanya perselingkuhan, menimbulkan sifat dengki dan tidak senang atas kesenangan rumah tangga kita akibat foto unggahan sehingga dapat minimbulkan fitnah dalam rumah tangga. Ketiga, setelah ditinjau dari Hukum Islam, maka haram hukunya jika terdapat beberapa larangan dalam Islam, yang tidak memperbolehkan pasangan suami istri memperlihatkan kemesraannya didepan umum, diantaranya jika yang diunggah adalah foto kemesraan yang berlebihan, menampakkan aurat, berpakaian ketat sehingga menampilkan lekuk tubuh, dan berprilaku seperti wanita yang memancing syahwat para penontonnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:30
Last Modified: 21 Jul 2023 02:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74066

Actions (login required)

View Item View Item