Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN SIGIL SOFTWARE BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP/MTs

AFIFAH GUSNIDA, - (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN SIGIL SOFTWARE BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AFIFAH GUSNIDA.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Afifah Gusnida (2023): Pengembangan E-Modul Menggunakan Sigil Software Berbasis Discovery Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP/MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan e-modul menggunakan sigil software berbasis discovery learning untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa SMP/MTs yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMPN 23 Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 23 Pekanbaru. Objek penelitian adalah emodul menggunakan sigil software berbasis discovery learning untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis pada materi peluang. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa penyebaran angket dan soal tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket dan soal tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas e-modul menggunakan sigil software berbasis discovery learning dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid dengan persentase 90,88%, sangat praktis untuk kelompok kecil dengan persentase 83,33% dan sangat praktis untuk kelompok terbatas dengan persentase 87,47%. Selanjutnya untuk efektifitas e-modul diperoleh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jul 2023 00:49
Last Modified: 21 Jul 2023 00:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74055

Actions (login required)

View Item View Item