PENGARUH KREATIFITAS DAN CARA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I INUMAN KECAMATAN INUMAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Bakhtiar, (2014) PENGARUH KREATIFITAS DAN CARA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I INUMAN KECAMATAN INUMAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (17kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kreatifitas terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa dan cara belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa serta pengaruh secara simultan antara kreativitas dan cara belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri I Inuman Kecamatan Inuman Kabupaten Kuantan Singingi Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri I Inuman. Objek penelitiannya adalah pangaruh kreatifitas dan cara belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Sampel yang diambil sebanyak 88 orang yang diambil secara acak. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analsis data yang digunakan adalah teknik regresi ganda dengan menggunakan program SPSS (Statistical Program for Sosial Science) versi 16.0. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kreatifitas terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Hasil ini diperoleh dari perhitungan yang menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel, atau 2.493 > 2.000 dan sig = 0.015 < 0.05. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa cara belajar siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Hasil ini diperoleh dari perhitungan yang menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel atau 3.591 > 2.000 dan sig = 0.001 < 5%. Pengujian yang dilakukan secara simultan juga diperoleh bahwa terdapat pengaruh kreatifitas dan cara belajar terhadap hasil belajar ekonomi. Hasil berdasarkan nilai tabel anova yang menunjukkan bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel (F0,05;1;78) atau 13.828 > 8.96 dan sig = 0,000 < 0.05. Besarnya pengaruh kedua variabel ini sebesar 24.5% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 17 Sep 2016 05:46
Last Modified: 17 Sep 2016 05:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7405

Actions (login required)

View Item View Item