Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL BERBASIS OPEN ENDED TERINTEGRASI KEISLAMAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP/MTS

RIA INDRIANI, - (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL BERBASIS OPEN ENDED TERINTEGRASI KEISLAMAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP/MTS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIA INDRIANI.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ria Indriani (2023): Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip Pdf Professional Berbasis Open Ended Terintegrasi Keislaman Untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP/MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan pengembangan e-modul menggunakan flip pdf professional berbasis open ended terintegrasi keislaman untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MTS Al-Huda Pekanbaru, Riau. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTS Al-Huda Pekanbaru dan para ahli. Objek penelitian ini adalah e-modul menggunakan flip pdf professional berbasis open ended terintegrasi keislaman. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar angket, soal pretest dan soal posttest. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emodul menggunakan flip pdf professional berbasis open ended terintegrasi keislaman yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid dengan tingkat kevalidan 0,89 dan sangat praktis (84,40% untuk kelompok kecil dan 83,26% untuk kelompok besar). Penilaian aspek kognitif siswa untuk menyatakan keefektifan e-modul, diperoleh dari nilai pretest dan posttest yang dianalisis diperoleh nilai n-gain sebesar 0,60 dengan kategori sedang. Selain itu, berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh yaitu . Artinya, kemampuan koneksi matematis siswa sesudah diterapkan e-modul berbasis open ended terintegrasi keislaman lebih baik dibandingkan sebelum penerapan e-modul berbasis open ended terintegrasi keislaman dengan rata-rata skor pretest 55,66 dan rata-rata skor posttest 81,69. Hal tersebut menunjukkan bahwa e-modul menggunakan flip pdf professional berbasis open ended terintegrasi keislaman yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika di sekolah. Kata Kunci: Pengembangan, E-Modul, Flip PDF Professional, Open Ended, Terintegrasi Keislaman, Kemampuan Koneksi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:09
Last Modified: 21 Jul 2023 02:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74048

Actions (login required)

View Item View Item