Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSEPSI MASYARAKAT KOTA PEKANBARU TERHADAP PELAYANAN DIGITAL PERBANKAN SYARIAH

M ARIE PRADINA, - (2023) PERSEPSI MASYARAKAT KOTA PEKANBARU TERHADAP PELAYANAN DIGITAL PERBANKAN SYARIAH. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGNA KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
HANYA BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)

Abstract

ABSTRAK Persepsi Masyarakat Kota Pekanbaru Terhadap Pelayanan Digital Perbankan Syariah M Arie Pradina NIM : 22190313124 Email : muhamad.arie07@gmail.com Pesatnya perkembangan teknologi berdampak pada perubahan perilaku masyarakat dan pelayanan publik termasuk perbankan yang memberikan kemudahan dalam bentuk layanan digital. Namun, keterbatasan modal dan pengelolaan menyebabkan keterbatasan layanan digital yang tersedia di perbankan syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja bentuk layanan digital diperbankan syariah, apa saja layanan digital perbankan syariah yang dominan dugunakan dan bagaimana persepsi masyarakat terhadap layanan digital perbankan syariah. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, objek peneitian masyarakat kota pekanbaru Kecamatan Binawidya, populasi 203.238 jiwa dengan sampel menggunkan metode slovin dengan teknik accidental sampling, data terdiri dari dari primer dan sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner,dan menggunakan teknik analisis data kuantitatif yang dilengkapi dengan disertai juga analosos kualitatif menggunakan metode SEM-PLS. Dari hasil penelitian diketahui bahwa bentuk layanan digital diperbankan syariah terdiri dari Phone Banking, SMS Banking, Mobile Banking, ATM (Automatic Teller Machine). Layanan digital yang dominan digunakan adalah layanan Mobile Banking. Adapun persepsi masyarakat kota pekanbaru terhadap layanan digital perbankan syariah berdasarkan data hasil Convergent Validity, Discriminant Validity, Square Root Of Range, Cronbach Alpha, Composite Realibility, R Square, R Square Adjusted, menujukkan sudah baik. Hasil ini sesuai dengan uji SEM-PLS dengan dieroleh nilai koefisien Pengalaman sebesar (0,190) t-statistic (2,319) p value (0,020), nilai koefisien Kebutuhan Yang Searah sebesar (0,212) t-statistic (2,628) p value (0,009), nilai koefisien Minat sebesar (0,210) t-statistic(3,155) p value (0,002), nilai koefisien Perhatian sebesar (0,214) t-statistc (2,110) p value (0,035), nilai koefisien Fisiologis sebesar(0,252) t-statistc (3,033) p value (0,002). Dengan demikian dapat diartikan bahwa pengalaman, kebutuhan yang searah, minat, perhatian dan fisiologis berpengaruh signifikan terhadap pelayanan digital di perbankan syariah. Kata kunci : Persepsi, Layanan Digital, Perbankan Syariah

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: pps -
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:38
Last Modified: 21 Jul 2023 07:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74037

Actions (login required)

View Item View Item