Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PROFIL KEMAMPUAN LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH PEKANBARU

SRI GUS DEVI, - (2023) PROFIL KEMAMPUAN LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (786kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SRI GUS DEVI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sri Gus Devi (2023) : Profil Kemampuan Literasi Kimia Peserta Didik di Madrasah Aliyah Pekanbaru Profil kemampuan literasi kimia sangat dibutuhkan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam memahami, mengaplikasikan konsep kimia, dan membantu memecahkan masalah terkait kimia dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kemampuan literasi kimia peserta didik sebagai pondasi dasar peningkatan literasi peserta didik di Madrasah Aliyah Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023 di Madrasah Aliyah Pekanbaru dengan materi pokok Larutan Asam Basa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mixed Method Research yaitu menggabungkan antara jenis penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan desain penelitian model Explanatory Design. Sampel penelitian ini terdiri dari 102 peserta didik berdasarkan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes literasi kimia berbentuk soal kuesioner, uraian terbuka, pilihan ganda (Choice) beralasan, dengan indikator literasi kimia mengacu pada theoretical framework, serta wawancara untuk memperkuat data yang diperoleh. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara keseluruhan profil kemampuan literasi kimia peserta didik pada kelas XI MIPA di Madrasah Aliyah Pekanbaru ialah sebanyak 40,0% beradaِ padaِ tingkatِ literasiِ kimiaِ “kurang”. Nilai rata-rata kemampuan literasi kimia peserta didik tiap indikator dapat terlihat bahwa untuk indikator literasi nominal 68,68%, indikator fungsional 52,81%, indikator konseptual 20,64%, dan indikator multidimensional 17,85%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu guru untuk menumbuhkan kemampuan literasi kimia peserta didik dengan memperkenalkan soal-soal yang berkaitan tentang literasi kimia dan mengaplikasikan teori pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Kata Kunci : Literasi Kimia, Larutan Asam Basa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:55
Last Modified: 20 Jul 2023 02:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74030

Actions (login required)

View Item View Item