Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN FUNCTIONAL CONVENIENCE TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PENGGUNA APLIKASI GOFOOD PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

MUHAMMAD MIFTAHURRAZAK, - (2023) PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN FUNCTIONAL CONVENIENCE TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PENGGUNA APLIKASI GOFOOD PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)

Abstract

MUHAMMAD MIFTAHURRAZAK (2023) : PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN FUNCTIONAL CONVENIENCE TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PENGGUNA APLIKASI GOFOOD PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH Penelitian ini dilatar belakangi oleh seringnya mahasiswa yang melakukan pembelian secara berlebihan, tidak direncanakan dan cenderung tergesa-gesa. mayoritas mereka melakukan pembelian karena tergoda dengan potongan harga yang diberikan pada aplikasi Gofood serta tersedianya aplikasi yang mudah digunakan dalam belanja makanan tersebut. Berdasarkan rumusan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Price Discount dan Functional Convenience terhadap Pembelian Impulsif di kalangan mahasiswa prodi Ekonomi Syariah angkatan 2019 Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Metode yang di gunakan adalah kuantitatif dengan sampel sebanyak 57 orang mahasiswa prodi ekonomi syariah angkatan 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. selanjutnya di analisis dengan uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji multikolinearitas, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan uji F dan uji t menggunakan SPSS V.29 Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara simultan, Price Discount dan Functional Convenience berpengaruh signifikan terhadap Pembelian Impulsif. Hal ini di buktikan dengan nilai fhitung > ftabel (6.613 > 3,16) dan nilai signifikansi yang lebih kecil dari nilai α (0.003 < 0,05). Secara parsial, Price Discount berpengaruh terhadap Pembelian Impulsif, di mana nilai thitung > ttabel (2,958 > 1,673) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari α (0.005 < 0,05). namun Functional Convenience tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Pembelian Impulsif, dengan nilai thitung < ttabel (0,417 < 1,673) dengan nilai signifikansi thitung lebih besar dari α (0.679 > 0,05). Adapun nilai koefisien (R2) didapatkan sebesar 0,444 atau sebesar 44,4%, yang artinya bahwa variabel bebas (Price Discount dan Functional Convenience) mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat (Pembelian Impulsif ) sebesar 44,4% dan sisanya sebanyak 55,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Menurut tinjauan Ekonomi Syariah Price Discount dan Functional Convenience yang diberikan oleh Gofood diperbolehkan dalam Islam apabila dengan tujuan yang baik dan sesuai kebutuhan tapi dilarang apabila dilakukan dengan berlebihan karena bertentangan dengan hukum dan prinsip Ekonomi Syariah. Kata Kunci: Price Discount, Functional Convenience, pembelian Impulsif, Gofood

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:15
Last Modified: 21 Jul 2023 02:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74025

Actions (login required)

View Item View Item