Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS TINDAK TUTUR REPRESENTATIF DAN DIREKTIF DALAM FILM “SANG PRAWIRA” SEBAGAI MATERI AJAR BAHASA INDONESIA DI SMA KELAS XI

NOVITA SARI, - (2023) ANALISIS TINDAK TUTUR REPRESENTATIF DAN DIREKTIF DALAM FILM “SANG PRAWIRA” SEBAGAI MATERI AJAR BAHASA INDONESIA DI SMA KELAS XI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (934kB)

Abstract

NOVITA SARI (2023) : ANALISIS TINDAK TUTUR REPRESENTATIF DAN DIREKTIF DALAM FILM “SANG PRAWIRA” SEBAGAI MATERI AJAR BAHASA INDONESIA DI SMA KELAS XI Penelitian ini memiliki 3 tujuan untuk mendeskripsikan: (1) Jenis-jenis dan fungsi tindak tutur representatif dalam film Sang Prawira, (2) Jenis-jenis dan fungsi tindak tutur direktif dalam film Sang Prawira dan (3) Tindak tutur representatif dan direktif dalam film Sang Prawira sebagai materi ajar bahasa Indonesia tingkat SMA kelas XI. Penelitian ini termasuk pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kepustakaan (library research). Selain itu, digunakan metode simak untuk menyimak tuturan yang disampaikan dalam film Sang Prawira. Pengumpulan data menggunakan Teknik simak bebas libat cakap (SBLC), dengan langkah-langkah berikut: (1) Menonton dan menyimak tuturan yang disampaikan dalam film, (2) Melihat, mendengar, dan mengamati dengan cermat tuturan yang disampaikan pada film, (3) mencatat dialog tuturan yang disampaikan pada film, (4) Mengklasifikasi tuturan berdasarkan kategori. Selanjutnya data dianalisis menggunakan model Krippendorff dengan analisis konten (isi) sehingga diperoleh deskripsi jenis-jenis dan fungsi tindak tutur representatif dan direktif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 219 data tindak tutur representatif dan 219 data tindak tutur direktif. Tindak tutur representatif dan direktif dalam film Sang Prawira dapat dimanfaatkan oleh guru bahasa Indonesia di SMA kelas XI semester genap sebagai materi ajar pada teks drama. Hal ini tergambarkan pada Kompetensi Dasar 3.19 Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton dan Kompetensi Dasar 4.19 Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memperhatikan isi dan kebahasaan. Kata Kunci: Tindak Tutur Representatif, Tindak Tutur Direktif, Materi Ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jul 2023 09:13
Last Modified: 21 Jul 2023 09:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74009

Actions (login required)

View Item View Item