ROMAIDA LUBIS, - (2023) PELAYANAN PT. SARI KENCANA PEKANBARU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN DALAM PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
Skripsi format baru maida.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (648kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya angkutan umum yang dinilai merugikan hak pengguna jasa diantaranya kurangnya kenyamanan yang dirasakan oleh pengguna jasa karena sopir angkutan yang menaikkan penumpang melebihi kapasitas dan masih adanya sopir yang mengemudi secara ugal-ugalan. Hal ini tidak sejalan dengan peraturan yang terdapat dalam Pasal 141 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan terkait dengan pelayanan, diantaranya keamanan, keselamatan, kenyamana, keteraturan dan keterjangkauan. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelayanan yang diberikan oleh PT. Sari Kencana Pekanbaru terhadap pengguna jasa, faktor pendukung dan penghambat dan Bagaimana Tinjauan Fiqih Siyasah terhadap Pelayanan PT. Sari Kencana Pekanbaru berdasarkan Pasal 141 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian dalam penelitian ini adalah Direksi PT. Sari Kencana Pekanbaru, Karyawan PT. Sari Kencana Pekanbaru, sopir PT. Sari Kencana Pekanbaru dan pengguna jasa. Sample dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dan Accidental Sampling. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu Analisis Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Sari Kencana Pekanbaru telah mengikuti standar pelayanan yang telah ditetapkan oleh Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan seperti menyediakan tiket bagi penumpang, adanya asuransi kecelakaan lalu lintas, melakukan pemeriksaan kendaraan setiap enam bulan sekali, namun belum secara optimal. Hal ini terlihat dari beberapa indikasi seperti adanya angkutan yang membawa penumpang melebihi kapasitas yang telah ditentukan di hari libur nasional. Salah satu faktor pendukung dalam pelayanan disini yaitu sarana dan prasarana dan salah satu faktor penghambat yaitu pengguna jasa. Adapun tinjauan Fiqih Siyasah dalam pelayanan PT. Sari Kencana Pekanbaru sama halnya dengan pelaksanaan undang-undang yang terdapat dalam Fiqih Siyasah Dusturiyah yang bertujuan untuk kemaslahatan manusia. Kata Kunci : Pelayanan, Angkutan Umum, Fiqih Siyasah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah) |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 01:26 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 01:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74001 |
Actions (login required)
View Item |