PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE FIRING LINE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM BELAJAR PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 047 SUKAJADI KECAMATAN SUKAJADI KOTA PEKANBARU

Poniah, (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE FIRING LINE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM BELAJAR PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 047 SUKAJADI KECAMATAN SUKAJADI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201171.pdf

Download (776kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Ketika pembelajaran berlangsung sebagian besar murid cenderung lebih banyak diam dan tidak menunjukkan partisipasi yang aktif dalam pembelajaran, Sebagian murid cenderung disibukan oleh urusannya sendiri seperti bercerita dengan teman, bermain tidak menunjukkan keseriusan dalam belajar, Pembelajaran cenderung berjalan dengan satu arah yaitu hanya guru yang menyampaikan materi pelajaran, sedangkan siswa lebih banyak diam dan jarang memberikan komentar ketika diminta oleh guru, dan Adanya sebagian siswa yang jarang mengerjakan tugas yang diberikan guru, baik di berupa (pekerjaan rumah) PR maupun tugas di sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan penerapan strategi pembelajaran The Firing Line dapat Meningkatkan aktivitas belajar Siswa dalam Belajar Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V SDN 047 Sukajadi Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru?. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Sedangkan objek dalam penelitan ini adalah meningkatkan aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan strategi pembelajaran The Firing Line. Adapun tempat penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas V SDN 047 Sukajadi Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil observasi pada gejala awal aktivitas belajar siswa diperoleh rata-rata persentase 53,4% dengan kategori rendah. Kemudian berdasarkam hasil observasi pada siklus pertama yang menunjukkan bahwa tingkat aktivitas belajar siswa mencapai dengan rata-rata persentase 60,1% dengan kategori tinggi. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan mencapai aktivitas belajar siswa diperoleh rata-rata persentase 72,7 dengan kategori tinggi, dan pada siklus III juga terjadi peningkatan dengan perolehan rata-rata persentase 82,8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 21 Dec 2015 06:46
Last Modified: 21 Dec 2015 06:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74

Actions (login required)

View Item View Item