PENGARUH PENERAPAN METODE RESITASI DALAM MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP TRI BHAKTI PEKANBARU

Arista, (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE RESITASI DALAM MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP TRI BHAKTI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan metode resitasi dalam model pembelajaran treffinger dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional. Bentuk penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Peneliti berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru bidang studi sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Tri Bhakti Pekanbaru sebanyak 85 siswa, sedangkan objeknya adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan penerapan metode resitasi dalam model pembelajaran Treffinger. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes, dengan pertemuan sebanyak lima kali yaitu empat kali pertemuan dengan penerapan metode resitasi dalam model pembelajaran Treffinger dan satu pertemuan Posttest. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Chi Kuadrat, untuk melihat homogenitas data digunakan uji varians, dan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data dengan rumus tes-t, diperoleh mean kelas eksperimen adalah 71,756 lebih tinggi dari pada mean kelas kontrol yaitu 55.977. Berarti mean kelas eksperimen lebih baik dari pada mean kelas kontrol maka diambil kesimpulan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan metode resitasi dalam model pembelajaran Treffinger dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional di SMP Tri Bhakti Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 17 Sep 2016 05:12
Last Modified: 17 Sep 2016 05:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7399

Actions (login required)

View Item View Item