Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN NON-MUSLIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN PADA RESTORAN CEPAT SAJI BERSERTIFIKAT HALAL DI KOTA PEKANBARU (Studi Kasus Pada Konsumen Non Muslim di Kecamatan Pekanbaru Kota, Sukajadi dan Senapelan)

REGI JOSIANTA, - (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN NON-MUSLIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN PADA RESTORAN CEPAT SAJI BERSERTIFIKAT HALAL DI KOTA PEKANBARU (Studi Kasus Pada Konsumen Non Muslim di Kecamatan Pekanbaru Kota, Sukajadi dan Senapelan). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TESIS KECUALI BAB IV.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Regi Josianta NIM : 22190313354 Judul : Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Non Muslim Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Pada Restoran Cepat Saji Bersertifikat Halal di Kota Pekanbaru Restoran sebagai salah satu penyedia kebutuhan makanan dan minuman menjadi salah satu sarana bagi konsumen dalam memenuhi kebutuhannya, dimana salah satunya adalah konsumen non muslim. Bagi konsumen non muslim, mengkonsumsi makanan yang halal merupakan kewajiban dan perintah agama yang terdapat di dalam Al-Qur’an, sedangkan bagi konsumen non muslim tidak memiliki kewajiban yang serupa. penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis faktor-faktor yang dapat mendorong keputusan pembelian konsumen non muslim terhadap makanan pada restoran cepat saji bersertifikat halal di Kota Pekanbaru. Faktor-faktor tersebut adalah faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengen metode pendekatan deksriptif kuantitatif. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah sebanyak 100.813 orang yang dengan sampel penelitian diambil sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling dan accidental sampling dengan kriteria konsumen non muslim dan bisa 1 kali bahkan lebih dalam sebulan bisa berbelanja makanan pada restoran cepat saji. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM-PLS dengan menggunakan SmartPLS 3.0 M3. Meliputi model pengukuran (outer model), R-square, pengujian hipotesis, dan signifikansi (inner model), F-square dan Q-square. Hasil analisis statistik pengujian hipotesis menunjukan bahwa varaibel faktor budaya dan faktor psikologis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen non muslim terhadap makanan pada restoran cepat saji bersertifikat halal di Kota pekanbaru. Sedangkan variabel faktor sosial dan faktor pribadi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen non muslim terhadap makanan pada restoran cepat bersertifikat halal di Kota Pekanbaru. Variabel faktor psikologis menjadi faktor paling dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian dengan nilai effect size paling tinggi sebesar 0.301. Kata Kunci: Restoran Cepat Saji, Konsumen Non-Muslim, dan Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: pps -
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:35
Last Modified: 18 Jul 2023 03:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73968

Actions (login required)

View Item View Item