Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PERMENKUMHAM NOMOR 40 TAHUN 2017 TENTANG PEDOMAN PENYELENGGARAAN MAKANAN BAGI TAHANAN DAN NARAPIDANA PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH: STUDI DI LAPAS KELAS II A KOTA PEKANBARU

Bismar Saragi, Bismar (2023) IMPLEMENTASI PERMENKUMHAM NOMOR 40 TAHUN 2017 TENTANG PEDOMAN PENYELENGGARAAN MAKANAN BAGI TAHANAN DAN NARAPIDANA PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH: STUDI DI LAPAS KELAS II A KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini berlatar belakang dari Pelaksanaan penyelenggaraan makanan bagi para tahanan dan narapidan di Lapas Kelas IIA Pekanbaru bahwa kondisi lapas yang cukup begtu padat akan menimbulkan persoalan kepada penyelenggaraan makanan, Dalam penulisan ini penulis mengangkat beberapa pokok permasalahan Bagaimana penyelenggaraan makanan bagi para tahanan di Lapas Kelas IIA kota Pekanbaru, Bagaimana tinjauan fiqih siyasah terhadap pedoman penyelenggaraan makanan bagi para tahanan di Lapas Kelas IIA kota Pekanbaru Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Lapas Kelas IIA Pekanbaru. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui wawancara dan observasi sebagai data primer yang dihimpun dari pihak Lapas dan petuagas yang terkait. Sedangkan data sekunder data yang didapat dari buku- buku, dokumentasi yang terkait langsung dengan permasalahan yang diteliti, setelah data tersebut diperoleh, lalu dianalisa dengan deskriptif kualitatif. Melalui wawancara dan observasi di lapangan penulis memperoleh hasil setelah mengetahui permasalahan yang ada, maka penulis meninjau dengan pandangan Fiqh Siyasah dengan menampilkan nash Al-Qur’an, hadist, dan kaedah fiqhiyah untuk mempertegas kesimpulan yang ditarik. Dari uraian yang disajikan dan dari tinjauan yang telah dilakukan, maka penulis memperoleh jawaban bahwasannya terkait implementasi penyelenggaraan makanan bagi para tahanan dan narapidana sudah dilakukan dengan beberapa upaya oleh pihak lapas namun dalam pelaksanaannya belum begitu efektif dikarenakan beberapa kendala, namun walaupun begitu pihak lapas telah melakukan yang terbaik dalam melaksankanan Permenkumham Nomor 40 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan makanan bagi para Tahanan dan Narapidana. Dengan demikian hasil dari Implementasi Permenkumham Nomor 40 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan makanan bagi para Tahanan dan Narapidana di Lapas Kelas IIA dimana keterkaitan hubungan antara Pemerintah (lembaga permasyarakatan dengan rakyatnya (warga binaan). Dengan tujuan pemerintah harus menjalankan aturan yang telah ada demi menuhi hak dan kesehatan warga binaan bisa dikatakan Maslahahtul Mursalah. Sedangkan hasil dari penelitian, lembaga permasyaraktan sudah melakukan berbagai upaya dalam penyelenggaraan makan bagi para warga binaan walau terdapat beberapa factor kendala namun sejatinya lembaga telah melaksanakan permenkumham Nomor 40 Tahun 2017 sehingga sesui dengan ketentuan fiqih siyasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Makanan – Tahanan - Fiqih Siyasah
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:27
Last Modified: 21 Jul 2023 02:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73930

Actions (login required)

View Item View Item