Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN KEPALA DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA KUALU KECAMATAN TAMBANG BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH

Febrianisah, Febrianisah (2023) PERAN KEPALA DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA KUALU KECAMATAN TAMBANG BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan di Desa Kualu yakni minimnya bantuan pemberdayaan masyarakat yang diberikan, TPS yang tidak beroperasional, dan Pamsimas tidak ada disetiap dusun.Permasalah pada skripsi ini ialah: 1) Bagaimana peran Kepala Desa dalam pemberdayaan masyarakat, 2) Apa faktor pendukung dan penghambat peran kepala desa dalam pemberdayaan masyarakat, 3) Bagaimana perspektif fiqh siyasah terhadap peran Kepala Desa dalam pemberdayaan masyarakat. Tujuannya ialah untuk mengetahui bagaimana peran Kepala Desa dalam pemberdayaan masyarakat, untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat peran kepala desa dalam pemberdayaan masyarakat, untuk mengetahui bagaimana perspektif fiqh siyasah terhadap peran Kepala Desa dalam pemberdayaan masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan motode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian penulis menunjukan bahwa, faktor pendukung program peberdayaan masyarakat adalah motivasi dan kebijakan pemerintah sedangkan faktor penghambatnya ialah minimnya bantuan dana yang diberikan pemerintah dan masyarakat yang cenderung memilih program pembangunan, ditinjau dari fiqh siyasah belum sesuai dengan siyasah dusturiyah, kepala desa kurang optimal dalam menjalankan peran sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa Pasal 1 bagian (f) yaitu memberi kehidupan bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Kepala Desa, Pemberdayaan Masyarakat, Fiqh Siyasah.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:22
Last Modified: 20 Jul 2023 07:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73928

Actions (login required)

View Item View Item