Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENYELENGARAAN HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI SEBAGAI PELAYAR DALAM MEMBANGUN KELUARGA SAKINAH PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi di Desa Kedaburapat Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti)

Lailatul Hikmawati, Hikma (2023) PENYELENGARAAN HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI SEBAGAI PELAYAR DALAM MEMBANGUN KELUARGA SAKINAH PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi di Desa Kedaburapat Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

kehidupan berumah tangga tentunya menginginkan kebahagian, begitupun mereka yang bekerja sebagai pelayar. Pelayar diharuskan menjalankan tugas dan kewajiban sesuai dengan jabatan mereka diatas kapal agar kegiatan operasional diatas kapal berjalan dengan lancar. Hal ini dapat menimbulkan masalah dalam perkawinan yaitu adanya kurang komunikasi adanya rasa curiga ketika suaminya jauh. Penelitian ini berjudul “Penyelengaraan Hak dan Kewajiban Suami Sebagai Pelayar Dalam Membangun Keluarga Sakinah Perspektif Hukum Islam Studi di Desa Kedaburapat Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti”. Penelitian ini akan berfokus kepada rumusan masalahan yaitu bagaimana upaya suami yang berprofesi sebagai pelayar dalam membangun keluarga sakinah dan bagaimana peran pemenuhan hak dan kewajiban suami sebagai pelayar dalam membangun keluarga sakinah menurut tinjauan hukum Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran suami yang bekerja sebagai pelayar dalam membangun keluarga sakinah di Desa Kedaburapat dan untuk mengetahui upaya suami yang berprofesi sebagai pelayar dalam membangun keluarga sakinag didesa kedaburapat menurut tinjauan hukum Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di Desa Kedaburapat Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer yaitu melakukan wawancara dengan keluarga pelayar. Teknis analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran keluarga pelayar di Desa Kedaburapat adalah terbukti meski suaminya berprofesi sebagai pelayar, istri tetap bisa mewujudkan keluarga yang baik, tentram, sabar dan bahagia. Faktor-faktor yang menjadi halangan dalam mewujudkan keluarga sakinah adalah kurang nya komunikasi dengan keluarga yang dipengaruhi kondisi dan jarak. Upaya dalam mewujudkan keluarga sakinah adalah saling memberi perhatian, saling mengerti satu sama lain, saling percaya dan sabar dalam menyikapi permasalahan yang ada. Hal ini selaras dengan relasi kesalingan suami istri yaitu dengan saling pengertian, saling menerima kenyataan, saling melakukan penyesuain diri, saling memupuk rasa cinta, saling melaksanakan rasa musyawarah, saling memaafkan, dan saling berperan serta dalam mewujudkan keluarga sakinah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keluarga, Sakinah, Pelayar
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 20 Jul 2023 08:50
Last Modified: 20 Jul 2023 08:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73927

Actions (login required)

View Item View Item